HUBUNGAN KEMAMPUAN MERANCANG PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN KINERJA PRAKTIK MENGAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI

  • Muh. Rapi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Ali Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk; mengetahui gambaran kemampuan merancang pe­rangkat pembelajaran, gambaran kinerja praktik mengajar mahasiswa, dan hu­bu­ngan antara kemampuan merancang perangkat pembelajaran dengan praktik me­ngajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Pendidikan Biologi yang melaksanakan prak­tik pengalaman lapangan di Madrasah Aliyah (MA) Madani Paopao Ka­bu­pa­ten Gowa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Responden pe­nelitian sebanyak 10 mahasiswa Pendidikan Biologi. Jika dilihat dari tujuan pe­ne­litian, maka penelitian ini bersifat evaluatif. Instrumen yang digunakan me­ngum­pulkan data adalah skala penilaian dan lembar observasi. Teknik analisis da­ta menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial Korelasi Pearson Pro­duct Moment. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan mahasiswa me­ran­cang perangkat pembelajaran dalam kategori baik, 2) kinerja praktik mengajar dalam kategori baik, 3) hubungan antara kemampuan merancang perangkat pem­belajaran dengan kinerja praktik mengajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Bio­logi di Madrasah Aliyah (MA) Madani Paopao Kabupaten Gowa dalam ka­te­gori kuat.

Abstract:

This research aims to know the description of the ability to design learning tools, des­crip­tion of the performance of the teaching practice of students, and the re­la­tion­ship between the ability of designing learning tools with the teaching practice of the students of the Biology education Department  who conducted teaching prac­tice in Madrasah Aliyah (MA) Madani Paopao Gowa Regency.  This research is a correlational research. Research respondents are 10 students of Biology Edu­ca­tion department. This  research, is evaluative. The instruments used to collect data are assessment scale and observation sheet. Data analysis techniques use des­criptive statistics and inferential statistics Pearson Product Moment Corre­lation. The results showed that  1) the ability of students to design learning tools are  in good category, 2) the performance of teaching practice are in good ca­tegory, 3) the relationship between the ability of designing learning tools with the performance of teaching practice of Biology Education department students at Madrasah Aliyah (MA) Madani Paopao Gowa Regency are in strong category.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. (2013). Belajar Untuk Mengajar (Learning to Teach), Edisi 9 Buku 1; Jakarta: Salemba Humanika.

Arikunto, S. (2006) Prosedur Pebelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Cet. XIII; Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asril, Z. (2013). Micro Teaching; Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan, Cet. V; Jakarta: Ra-ja¬wali Press.

Chatib, M. (2014). Gurunya Manusia, Cet. XV; Bandung: Penerbit Kaifa.

Davis. (2013). Barbara Gross, Tools for Teaching diterjemahkan Elok Dianike Perangkat Pembelajaran: Tek¬nik Mempersiapkan dan Melaksanakan Pembelajaran yang Efektif, Cet. I; Jakarta: Raja¬grapindo Persada.

Hapsari, P., & Purweni. W. (2014). “Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan ter¬hadap Kinerja Mahasiswa Calon Guru”, Journal of Accounting and Bussiness Education, Vol. 2, No. 1, Maret 2014, http://journal.um.ac.id/index.php/jabe/article/view/6050. Diakses 4 Agustus 2017.

Hardiansyah, A. (2017). “Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS untuk Melak¬sa-na¬kan PPP dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya”, Journal Social Studies, Vol. 6 No. 7 (2017), http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/social-studies/article/vi¬ew-/¬10192/9756.

Huda, C., & Udik, Y. (2013). “Analisis Kinerja Mahasiswa Peserta PPL FKIP Universitas Kanjuruhan Malang”, Jurnal Inspirasi Pendidikan, Vol. 3, No. 2 (2013), http://ejour¬nal.uni-kama.ac.id/ index.php/jrnspirasi/article/view/483.

Jatiningrum, C. D., dkk. (2016). “Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Kemampuan ter-ha¬dap Kinerja (Studi Pada Karyawan dan Agen PT Asuransi Jiwasraya Branch Office Ma¬lang)”, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 39. No. 1 (2016). Diak¬ses 6 Agustus 2017.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Direk¬to¬rat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran; Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Ros¬da Karya.

Mardiyono, S. (2006). “Praktik Pengalaman Lapangan Terpadu dalam Peningkatan Kualitas Ca¬lon Guru”, Jurnal Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No. 1.

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya.

Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. II; Jakarta: Sinar Grafika.

Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Cet. II; Jakarta: Sinar Grafika.

Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Stan¬dar Proses. Jakarta: Depdikbud.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran, Cet. IX; Bandung Alfabeta.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Cet. 8; Jakarta: Ken¬ca¬na Penada Media.

Sukirman, D. (2012). Pembelajaran Micro Teaching, Cet. 2; Jakarta: Direktorat Pendidikan Islam Ke¬menterian Agama RI.

Sumantri, B. “Pengaruh Kemampuan, Motivasi dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Gu¬ru SMP Negeri di Balongpanggang”, Jurnal Mitra Pendidikan, Volume 1, Nomor 7, Sep¬tem¬ber 2017, http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/ view/176/73. Diakses 5 Agustus 2017.

Uno, H. B., dkk. (2001). Pengembangan Instrumen Penelitian. Jakarta: Delima Press.

Uno, H. B., dkk. (2010). Desain Pembelajaran, Jakarta: MQS Publishing.

Published
2017-12-30
How to Cite
Rapi, M., & Ali, A. (2017). HUBUNGAN KEMAMPUAN MERANCANG PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN KINERJA PRAKTIK MENGAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 202-211. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i6
Section
Vol. 20 No. 2
Abstract viewed = 518 times