PROFESIONALITAS KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH DDI PACONGANG PINRANG
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalitas kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan pada Madrasah Tsanawiah DDI Pacongang Pinrang. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah: unsur pimpinan, tenaga kependidikan, dan siswa. Metode dan instrumen penelitian yang digunakan: teknik observasi, wawancara/interview, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pendidikan di Madrasah Tsanawiyah DDI Pacongang Pinrang adalah sebagai berikut: 1) manajemen madrasah, 2) anggaran pendidikan yang memadai, 3) optimalisasi kerjasama antara pihak madrasah dengan orangtua siswa. Hambatan yang dihadapi dan solusinya dalam peningkatan kualitas pendidikan di Madrasah Tsanawiyah DDI Pacongang Pinran adalah: 1) rendahnya kualitas sarana fisik, 2) rendahnya kualitas guru, 3) rendahnya kesejahteraan guru, 4) rendahnya prestasi siswa,
Abstract:
The purpose of this research is to know the professionality of the head master of madrasah Tsanawiah DDI Pacongang Pinrang in improving the quality of education. The subjects of research were: school leaders, education personnel, and students. Methods and research instruments used: observation, interviews, and questionnaire. The result of the research showed that the factors that influence the quality of education in Madrasah Tsanawiyah DDI Pacongang Pinrang were as follows: 1) madrasah management, 2) adequate education budget, 3) good cooperation between madrasah with parents. The obstacles faced in improving the quality of education in Madrasah Tsanawiyah DDI Pacongang Pinran were: 1) the low quality of physical facilities, 2) the low quality of teachers, 3) the low of teachers' welfare, 4) the low achievement of the students.
Downloads
References
Arifin, M. (2000). Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara.
Good, C.V. (1973). Dictionary of Education, Third Edition. New York: McGraw-Hill: Book Company.
Hamalik, O. (2006). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Cet. Ke – 4; Jakarta: PT. Bumi Aksara.
http://ayieenfysalhabsyie.blogspot.com/2012/03/karakteristik-guru¬profesional .html
http://makalahfrofesikependidikan.blogspot.com/2010/07/makalah-profesi-dan-pro¬¬¬fesional-guru.html.
Koontz, H. C. D., & Heinz, W. (1984). Management, Eight Edition 1. Auckland McGraw-Hill International Book Company.
Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan menghadapi Sertifikasi Guru, Cet. Ke-1, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Made, A. W (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, L. J. (1992). Metode Penelitian Kualitatif, Cet. III; Bandung: Remadja RosdaKarya.
Mujib, F. (2012). Super Power In Educating (Kegiatan Belajar Mengajar Yang Super Efektif)., Yogyakkarta: Diva Press.
Mujtahid. (2010). Pemberdayaan Komite Sekolah. (Online). http: Mujtahidkomunitaspen¬di¬dik-an.blogspot.com/2010/05/pemberdayaan-komite-sekolah.html. diakses 07 Desember 2016.
Muzdalifah. (2008). Psikologi Pendidikan. Kudus: STAIN.
Nata, A. (2001). Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam; Seri Kajian Fi/safat Pendidikan Islam, Edisi I; Cet. 11; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Pidarta, M. (1988). Manajemen Pendidikan Indonesia, Cet. I; Jakarta: Bina Aksara.
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.
Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Shihab, M. Q. (1994). Wawasan al-Quran. Bandung: Mizan.
Soetjipto & Raflis, K. (2009). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. (1998). Metode Penelitian Administrasi, Edisi ke–5; Bandung: Alfabeta.
Tafsir, A. (2000). Ilmu Pendidikan Dalam Persfektif Islam, Cet. Ill; Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
_____. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).