IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU

  • Abd. Wahid Tahir Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Implementasi Manajemen madrasah mengandung dua aspek kajian, pertama kaji­an dalam dataran konsep suatu pendekatan dalam menjalankan usaha khusus­nya pada segmen pendidikan yang berupaya memaksimalkan daya saing melalui pe­nyempurnaan secara terus-menerus atas produk, manusia, proses, dan ling­ku­ngan organisasi atau lembaga, dan kedua kajian mencakup cara penyampaiannya, yang mencakup pada sepuluh karakteristik dari yaitu berfokus pada pelanggan (in­ternal dan eksternal); berobsesi tinggi pada kualitas; menggunakan pen­de­ka­tan ilmiah; menyempurnakan kualitas secara berkesinambungan; pendidikan dan pe­latihan; menerapkan kebebasan yang terkendali; memiliki kesatuan tujuan; ser­ta melibatkan dan memberdayakan pendidik dan peserta didik. Kedua aspek ter­sebut harus menjadi kesatuan yang utuh sehingga usaha dalam mencapai tujuan dapat diperoleh secara optimal.

Abstract:

Implementation Madrasah based management contains the meaning of appli­ca­tion management in madrasah to improve the quality of education. The main are­as in madrasah that can adopt the principles of quality management are: Applica­ti­on of quality management to improve administrative function in managing mad­rasah; Integrating Madrasah based management in Madrasah curriculum; Using madrasah-based management in the learning process, especially the pro­cess of learning in the classroom. The presence of madrasah based management re­sults in a change in conventional management. Improving the quality of edu­ca­tion centered on improving the quality of madarsah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arcaro, J. S. (2007). Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Pe¬ne¬ra-pan. Cet. IV: Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Arifin, M. (2009). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Al-Attas, S. M. N. (2009). Konsep Pendidikan dalam Islam: Suatu Rangka Pikir Pembimbing Filsafat Pendidikan Islam, Cet. I; Bandung: Mizan.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depatemen Agama. (2006). Profil Madrasah Masa Depan, Cet. I; Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Is¬lam.

Fatah, N. (2001). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kotler, P. (1997). Marketing Management, Alih bahasa, Hendra Teguh, Ronny A. Rusli, Agus Ha-san Pura Anggawijaya dengan judul: Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Imple-mentasi, dan Kontrol. Jakarta: Kosasih Iskandariyah.

Makbuloh, D. (2011). Manajemen Mutu Pendidikan Islam, Model pengembangan Teori dan Aplikasi Sis¬tem Penjaminan Mutu, Cet. I; Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Mantja, W. (2010). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan, Cet. I; Jakarta: LIPI.

Nata, A. (2008). Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Panglaykim & Hazil, T. (2011). Manajemen Suatu Pengantar, Cet. XV; Jakarta: Ghalia Indo¬nesia.

Partanto, P. A., & Dahlan, M. (1994). Kamus llmiah Poputer, Surabaya: Arkola.

Poerwanegara, S. (2002). Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu, Cet. I; Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pontjorini, E. R., dkk. (2006). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Cet.I; Jakarta: Bumi Ak¬sara.

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam, Cet. II; Jakarta: Kalam Mulia.

Salindeho, J. (2009). Peranan Tindak Lanjut dalam Manajemen, Cet. II; Jakarta: Sinar Grafika.

Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Cet.I; Jakarta: Kencana.

Shaleh, A. R. (2008). Penyelenggaraan Madrasah. Jakarta: Dharma Bakti.

Siagian, S. P. (2009). Filsafat Administrasi, Cet. I; Jakarta: Gunung Agung.

Tampubolon, D. P. (2011). Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru

Manajemen Pendi¬dikan Tinggi Menghadapi Abad ke 21, Cet. I; Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Terry, G. R., & L.W. Rue. (1982). Principle of Management, New York, Dow Jones-Irwin.

Published
2017-12-31
How to Cite
Tahir, A. W. (2017). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 240-249. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i9
Section
Vol. 20 No. 2
Abstract viewed = 2376 times