IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU
Abstract
Abstrak:
Implementasi Manajemen madrasah mengandung dua aspek kajian, pertama kajian dalam dataran konsep suatu pendekatan dalam menjalankan usaha khususnya pada segmen pendidikan yang berupaya memaksimalkan daya saing melalui penyempurnaan secara terus-menerus atas produk, manusia, proses, dan lingkungan organisasi atau lembaga, dan kedua kajian mencakup cara penyampaiannya, yang mencakup pada sepuluh karakteristik dari yaitu berfokus pada pelanggan (internal dan eksternal); berobsesi tinggi pada kualitas; menggunakan pendekatan ilmiah; menyempurnakan kualitas secara berkesinambungan; pendidikan dan pelatihan; menerapkan kebebasan yang terkendali; memiliki kesatuan tujuan; serta melibatkan dan memberdayakan pendidik dan peserta didik. Kedua aspek tersebut harus menjadi kesatuan yang utuh sehingga usaha dalam mencapai tujuan dapat diperoleh secara optimal.
Abstract:
Implementation Madrasah based management contains the meaning of application management in madrasah to improve the quality of education. The main areas in madrasah that can adopt the principles of quality management are: Application of quality management to improve administrative function in managing madrasah; Integrating Madrasah based management in Madrasah curriculum; Using madrasah-based management in the learning process, especially the process of learning in the classroom. The presence of madrasah based management results in a change in conventional management. Improving the quality of education centered on improving the quality of madarsah.Downloads
References
Arcaro, J. S. (2007). Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Pe¬ne¬ra-pan. Cet. IV: Yogyakarta; Pustaka Pelajar.
Arifin, M. (2009). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Al-Attas, S. M. N. (2009). Konsep Pendidikan dalam Islam: Suatu Rangka Pikir Pembimbing Filsafat Pendidikan Islam, Cet. I; Bandung: Mizan.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depatemen Agama. (2006). Profil Madrasah Masa Depan, Cet. I; Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Is¬lam.
Fatah, N. (2001). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kotler, P. (1997). Marketing Management, Alih bahasa, Hendra Teguh, Ronny A. Rusli, Agus Ha-san Pura Anggawijaya dengan judul: Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Imple-mentasi, dan Kontrol. Jakarta: Kosasih Iskandariyah.
Makbuloh, D. (2011). Manajemen Mutu Pendidikan Islam, Model pengembangan Teori dan Aplikasi Sis¬tem Penjaminan Mutu, Cet. I; Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Mantja, W. (2010). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan, Cet. I; Jakarta: LIPI.
Nata, A. (2008). Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Panglaykim & Hazil, T. (2011). Manajemen Suatu Pengantar, Cet. XV; Jakarta: Ghalia Indo¬nesia.
Partanto, P. A., & Dahlan, M. (1994). Kamus llmiah Poputer, Surabaya: Arkola.
Poerwanegara, S. (2002). Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu, Cet. I; Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Pontjorini, E. R., dkk. (2006). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Cet.I; Jakarta: Bumi Ak¬sara.
Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam, Cet. II; Jakarta: Kalam Mulia.
Salindeho, J. (2009). Peranan Tindak Lanjut dalam Manajemen, Cet. II; Jakarta: Sinar Grafika.
Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Cet.I; Jakarta: Kencana.
Shaleh, A. R. (2008). Penyelenggaraan Madrasah. Jakarta: Dharma Bakti.
Siagian, S. P. (2009). Filsafat Administrasi, Cet. I; Jakarta: Gunung Agung.
Tampubolon, D. P. (2011). Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru
Manajemen Pendi¬dikan Tinggi Menghadapi Abad ke 21, Cet. I; Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Terry, G. R., & L.W. Rue. (1982). Principle of Management, New York, Dow Jones-Irwin.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).