FUNGSI NASKAH PRUDAK SINA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT SASAK DALAM PERSPEKTIF NILAI AGAMA DAN PENDIDIKAN

  • Muhammad Sukri Dosen FKIP Universitas Mataram
    (ID)

Abstract

Abstrak: Prudak Sina adalah sebuah lakon/tokoh sebuah cerita yang arif dan bijaksana, dalam pikiran, perkataan dan perbuatannya. Ia adalah Lelananging Jagad yang di-cintai oleh lelaki di dunia dan sebagai tempat berlindung bagi wanita. Naskah ini mengandung makna yang dalam dilihat dari filsafat ajaran Islam. Naskah Prudak Sina dalam dialognya dengan isteri mengandung nilai dan fungsi yang merupa-kan corak khas masyarakat Sasak dulu, dan seharusnya menjadi dasar dan panut-an bagi setiap suami dalam menggauli isterinya. Penelitian qualitatif ini melibat-kan beberapa narasumber baik penikmat, pujangga, pemaos maupun penyukum yang cukup kredibel memahami dan mengembangkan naskah lontar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk eks-traksi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai yang terkandung dalam nas-kah yaitu, nilai-nilai religiusitas dan pendidikan. Ki Prudak Sina, penulis sekali-gus tokoh kisah berupaya mensyiarkan Islam melalui tembang-tembang seperti Prudak Sina. Berdasarkan kesimpulan, sarannya adalah agar mempelajari, meng-ambil hikmat dan contoh-contoh dari keteladanan yang ditonjolkan oleh tokoh khususnya dalam menggauli isteri.

Abstrak: Prudak Sina is a character in wise and prudent story, either in thought, word and in deeds . He is Lelananging Jagad that should be loved by the men on earth and as a shelter for women. It contains very deep meaning in terms of the philosophy of the teachings of Islam. Prudak Sina’s script in dialogue with his wife contains a number of values and functions which is a typical pattern of Sasak people in the past, noble values that should be the basis and model for every man in thinking, saying and acting to his wife. This qualitative study involved some good resource such as connoisseur, poet, staff supporter, and script reader who are credible enough to understand and sing papyrus manuscript. The data obtained then ana-lyzed using descriptive analysis in the form of extraction. The results of this study are religiosity and education. Ki Prudak Sina, the author as well as the character of this story, preached Islam through songs such Prudak Sina song. Based on these conclusions, the author suggests to take wisdom and examples of exem-plary character highlighted by the author especially in intercourse with wife as a companion of life.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-06-15
How to Cite
Sukri, M. (2013). FUNGSI NASKAH PRUDAK SINA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT SASAK DALAM PERSPEKTIF NILAI AGAMA DAN PENDIDIKAN. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 16(1), 16-34. https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n1a2
Section
Vol. 16 No. 1
Abstract viewed = 404 times