PENDIDIKAN SEBAGAI INSTITUSI SOSIAL

  • Sulaiman Saat Dosen Fakultas Tarbiyah & Keguruan UIN Alauddin
    (ID)

Abstract

Abstrak: Pendidikan dan masyarakat tidak dapat dipisahkan. Pendidikan berlangsung da-lam masyarakat, dan eksistensi dan kualitas hidup masyarakat ditentukan oleh tingkat pendidikan yang dialaminya. Sebagai institusi sosial, pendidikan tumbuh dan berkembang dalam masyarakat tanpa mengenal tingkat kebudayaan, apakah masyarakat bersahaja atau masyarakat modern. Seiring dengan perkembangan masyarakat, mucul pula kebutuhan-kebutuhan terhadap lembaga-lembaga/ins-titusi sosial merupakan kumpulan norma yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat, termasuk pendidikan. Dengan demikian, lahirlah lembaga pendidikan sebagai institusi sosial, mulai taman kanak-kanak, SD, SLTP, SLTA, dan pendidikan tinggi.

Abstract: Education and society cannot be separated; education takes place in society while the existence and the quality of society’s life were determined by the level of education experienced. As a social institution, education grows and develops in society without knowing the level of culture, whether in traditional or modern society. Along with the development of society, raise also a demand to agencies and social institutions, a set of norms that revolve around a basic need in people's lives, including education. Thus, educational institutions are born as social institutions, from kindergarten, elementary, junior high, high school, and higher education.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-12-20
How to Cite
Saat, S. (2013). PENDIDIKAN SEBAGAI INSTITUSI SOSIAL. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 16(2), 178-187. https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n2a5
Section
Vol. 16 No. 2
Abstract viewed = 5933 times