KONSEP PENDIDIKAN DALAM ALQURAN (Sebuah Kajian Tematik)

  • Hamzah Djunaid Dosen UIN Alauddin Makassar DPK pada UIM Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak: Istilah pendidikan dalam bahasa Arab, biasa diterjemahkan dengan isitilah, seperti; tarbiyah dan ta’lim dengan berbagai derivasinya. Kedua istilah tersebut terdapat di beberapa tempat dalam al-Quran dengan berbagai konteks yang berbeda-beda. Untuk mengkaji masalah ini, digunakan pendekatan tematik (maudhu’i) dengan meneliti ayat-ayat yang berhubungan dengan pendidikan. Dari hasil kajian ini dapat disimpulkan bahwa konsep tarbiyah dan ta’lim adalah proses pembinaan, pengembangan, dan pemeliharaan serta pemberian bekal berupa ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik agar mereka memiliki kepribadian dan sikap mental yang luhur, sehingga mampu melak­sanakan tugasnya sebagai khalifah Allah di muka bumi ini sesuai dengan daya nalar masing-masing.

Abstract: The term education in Arabic is usually translated into the terms tarbiyah and ta’lim with their various derivations. Both of the terms can be found in many places in Al-Quran and with many different context. To study this problem, thematic approach (maudhu’i) was used. Based on this study, it can be concluded that the concept of tarbiyah and ta’lim are the process of educating, developing, maintaining, and also teaching knowledge and skills to students in order that they can have a good personality and good mental attitude to perform their duty as the khalifah of Allah in the earth.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-06-18
How to Cite
Djunaid, H. (2014). KONSEP PENDIDIKAN DALAM ALQURAN (Sebuah Kajian Tematik). Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 139-150. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a10
Section
Vol. 17 No. 1
Abstract viewed = 8542 times