PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA DALAM LINTASAN SEJARAH (Perspektif Kerajaan Islam)

  • Aisyah Nursyarief Pendidikan dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak: Sejarah pendidikan Islam hakikatnya sangat berkaitan dengan sejarah Islam sehingga periodesasi sejarah pendidikan Islam berada dalam periode-periode sejarah Islam itu sendiri. yaitu periode klasik, perte­ngahan, dan modern. Di Indonesia, periode tersebut dapat dibagi dike­lompokkan ke dalam: fase datang­nya Islam, fase perkembangan dan berdirinya kerajaan Islam, fase kedatangan orang Barat, fase penjajahan Jepang, fase kemer­dekaan, dan fase pasca kemer­dekaan. Dalam setiap fase itu, pendidikan Islam berkembang dengan ciri yang berbeda-beda. Meskipun demikian, pada setiap fase perkembangan pendidikan Islam tersebut, corak dakwah atau Islamisasi senantiasa melekat yang berfungsi ­­mempertahankan dan mentransformasi nilai-nilai keislaman di dalam penyeleng­garaan pendidikan.

Abstract: The history of Islamic education actually closely related with the Islamic history. Therefore, the period of Islamic educational history are within the periods of Islamic education itself, they are the classic, middle, and modern periods. In Indonesia, those periods can be classified into: the coming of Islam phase, the development phase, the establishment of Islamic kindom phase, the coming of Western people phase, the Japanese colonial phase, the independent phase and the post-independent phase. Every phases of Islamic education developed  different characteristic. However, in every phase of the development of Islamic education, the characteristic of dakwah and Islamization always covered the function of defence, and transformation of Islamic values in the practice of education.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-12-15
How to Cite
Nursyarief, A. (2014). PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA DALAM LINTASAN SEJARAH (Perspektif Kerajaan Islam). Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(2), 256-271. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n2a8
Section
Vol. 17 No. 2
Abstract viewed = 12118 times