PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR TAFSIR MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • Nuryamin Nuryamin Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstract: This study aimed to determine the effect of the ability to read and write al Quran on Tafseer learning achievement of the second semester students of the Department of Islamic Education and Teaching Faculty UIN Alauddin Makassar academic in year 2013/2014. The method used was quantitative. The variables in this research was the ability to read and write the Koran (X), and Tafseer learning achievement (Y). The population in this study is the second semester students of 2013/2014. The number of respondents were 40 students that was taken by using purposive sampling. The analysis technique used to answer the hypothesis in this study was a descriptive and simple regression analysis. The results showed that the ability to read and write the Koran (X) did not significantly affect the Tafseer learning achievement with the R2 values of 0.081 and 0.075 was the level of significance. The implications of this research is that UIN Alauddin Makassar give much more attention to improve the students’ ability to read and write the Koran. Therefore, it can provide quality improvement of the students themselves.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan baca tulis al-Qur’an terhadap hasil belajar tafsir mahasiswa semester II angkatan 2013/2014 Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif. Varia-bel dalam penelitian ini adalah Kemampuan baca tulis al-Qur’an (X), dan hasil belajar tafsir (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah maha­siswa semester II angaktan 2013/2014. Jumlah responden sebanyak 40 Mahasiswa dengan memakai purposive sampling. Adapun teknik analisis yang digunakan untuk men­jawab hipotesis dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan baca tulis al-Qur’an (X) berpengaruh namun tidak signifikan terhadap nilai hasil belajar tafsir dengan nilai R2 sebesar 0,081 dan signifkasi 0,075. Implikasi dalam penelitian ini yaitu diharapkan PTN UIN Alauddin Makassar memberikan banyak perhatian lebih pada kemampuan baca tulis al-Qur’an. Dengan hal tersebut memberikan peningkatan mutu kualitas pada mahasiswa itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Muhammad Abdul Qadir. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Cet I; Jakarta: P.T. Rineka Cipta, 2008.

Abu Zahrah, Muhammmad. Tatih al-Mazahib al-Islamiyah. Jilid 1, Beirut: Dar al-Fikr, t.th.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Gema Insani Press, 2010.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Cet. III; Jakarta: Balai Pustaka, 2003.

Al- Hafidz, Ahsin W. Kamus Ilmu al-Qur’an. Cet. III; Jakarta: AMZAH, 2008.

Hosein, Sayyid. Ideal and Reality of Islam. Lodon: George Allen and Unwin L.td, 1966.

Ibn Basthul, Maftuh. Tajwid Jazariyyah. Cet. I; Kediri: Madrasah Murattilil Qur’anil Karim, 2003.

Al-Ja’fari, Imam Abu ‘Abdillah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim bin Mugirah Barzabah al-Bukhari. Sahih al-Bukhari. Juz V. Bab Fadail al-Qur’an Beirut: Dar al--Fikr.

Al-Jurjani, Ali bin Muhammad. Kitab al-Ta’rifat. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1988.

--------. al-Ta’rifat al-T}aba’ah wa al-Nasyr wa al-Tauzi. Jeddah: t.th.

Katabah, Kosam Rumbawa & Almah. Peranan Perpustakaan dalam Pembinaan Minat Baca dan Menulis, Volume III Jakarta: Perpustakaan Utama Syarif Hidayatullah, 2001.

Khaeruddin. Metode Baca Tulis al-Qur’an. Cet. I; Makassar: Yayasan al-Ahkam, 2000.

Khaldun, Ibnu. Muqaddimah. Beirut: Dar Ihya al-Tarats al-‘Arabi, t.th.

AL-Maliki, Muhammad ibnu Alawi. Samudra Ilmu-ilmu al-Qur’an. Cet. I; Bandung: PT Mizan Pustaka, 2003.

Manzur, Ibnu. Lisan al-‘Arab. Jil. V, Beirut: Dar Sadir t.th.

Mardan. Al-Qur’an: Sebuah Pengantar Memahami al-Qur’an Secara Utuh. Cet. I; Makassar: Alauddin Press, 2009.

Mardiaty, Yuli. “Pengaruh Kompetensi Baca Tulis al-Qur-an Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas VII, SMP Negeri 8 Makassar”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin Makassar, 2011.

Munawar, Said Agil Husin. Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan. Cet. III; Jakarta: Ciputat Press, 2004.

Pemerintah Republik Indonesia. Undang-undang RI. No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika, 2011.

Poerwadarwinta. WJS. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Cet. IV: Jakarta: Balai pustaka 1976.

Puspita, Gina. “Rahasia Kesuksesan Pendidikan Rasulullah” Makalah, disajikan pada Seminar Internasional 50 Tahun Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddi Makassar di Training Centre Makassar, 6 November 2014.

Radja, M. Satrap. Istilah Pendidikan dan Umum untuk Guru-guru. Surabaya: Usaha Nasional, 1978.

Shihab, M. Quraish. Menabur Pesan Ilahi, al-Qur’an dan Dinamika Masyarakat. Cet. I; Jakarta: Lentera Hati, 2006.

--------. Tafsir al-Mishbah. Vol. 14, Cet. II; Jakarta: Lentera Hati 2004.

--------. Wawasan al-Qur’an. Cet. V; Bandung: Mizan, 1997.

Siregar, Syofian. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Cet. XIII; Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2009.

Sulistyastuti, Erwan Agus Purwanto dan Dyah Ratih. Metode Penelitian Kuantitatif (Untuk Administrasi Publik dan Masalah-Masalah Sosial). Yogyakarta: Gaya Media, 2011.

Tim M2S Bandung. UUD 1945 Hasil Amandemen dan Proses Amandemen UUD 1945 Lengkap (Pertama 1999 – Keempat 2002). Cet. IV; Bandung: M2S Bandung

Al-Zahabi, Muhammad Husein. Al-Tafsir wa al-Mufassirun. Juz I, Mesir: Dar al-Makhtub al-Hadisah, 1976.

Al-Zarkassyi, Muhammad ibnu Abdillah. Al-Burhan fi ‘Ulum al-Qur’an. Kairo: ‘Isa al-Babi al-Halabi wa Syirkah, 1972.

Published
2015-06-01
How to Cite
Nuryamin, N. (2015). PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR TAFSIR MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 18(1), 56-72. https://doi.org/10.24252/lp.2015v18n1a5
Section
Vol. 18 No. 1
Abstract viewed = 900 times