MODEL PENDIDIKAN DALAM KELUARGA BERBASIS MULTIRELIGIUS

  • Hadi Pajarianto STKIP Muhammadiyah Palopo
    (ID)
  • Natsir Mahmud Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model pendidikan dalam keluarga yang berbasis multireligius. Fokus kajian ini terdiri dari tiga hal: (1) menemukan latar pluralitas sosial keagamaan pada keluarga Muhammadiyah berbasis multireligius; (2) model pendidikan keluarga pluralis berbasis multireligius; (3) perilaku sosial keagamaan pada keluarga Muhammadiyah Pluralis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pendekatan fenomenologi digunakan untuk mendeskripsikan fakta-fakta atau fenomena yang dilakukan oleh manusia baik individu maupun kelompok. Hasil penelitian diperoleh: (1) latar pluralitas sosial keagamaan pada keluarga Muhammadiyah di Tana Toraja dibentuk oleh faktor budaya dan agama; (2) pendidikan keluarga Muhammadiyah pluralis yang berbasis multireligius di Tana Toraja berlangsung dalam beberapa model, yakni: pluralis, protektif, dan konsensual cenderung protektif; (3) perilaku sosial keberagamaan diidentifikasi terjadi pada ranah sosial keagamaan, pendidikan formal, politik, dan ekonomi.

Abstract:

This research aimed to study the educational model in a family which based on religious plurality. This research focused on 3 things; (1) finding the background of the social religious plurality in Muhammadiyah family based multireligions; (2) family educational model; (3) social behavior in pluralistic Muhammadiyah Family. Qualitative method with the phenomenological approach was applied to uncover the phenomena of human behavior both individuals and groups. This study found: (1) the background of Muhammadiyah family in Tanah Toraja was built by culture and religious factors; (2) the education of Muhammadiyah Family occured in some patterns, they were: plural, consensual, and consensual-protective; (3) the social religious behaviors occurred in socio-religious interaction, formal education, economy, and politics.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hadi Pajarianto, STKIP Muhammadiyah Palopo
Prodi Pendidikan Guru PAUD, Lektor

References

Fachrudin. (2011). Peranan Pendidikan Agama dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-anak. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 9(1), 1–16. Retrieved from http://jurnal. upi.edu/file/01_Peranan_ Pendidikan_Agama_dalam_Keluarga_-_Fahrudin.pdf

Ibrahim, R. (2013). Pendidikan Multikultural : Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. ADDIN, 7(1), 129–154. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/54545-ID-pendidikan multikultural-pengertian-prin.pdf

Idrus, N. I. (2016). Mana’ dan Éanan: Tongkonan, Harta Tongkonan, Harta Warisan, dan Kontribusi Ritual di Masyarakat Toraja. ETNOSIA Jurnal Etnografi Indonesia, 1(2). Retrieved from http://journal.unhas.ac.id/index.php/etnosia/article/view/1612/911

Kurniawan, A., & Rudyansjah, T. (2017). Kajian Mengenai Perubahan Afiliasi pada Sistem Organisasi Sosial Masyarakat Lematang. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 18(2), 89–103. Retrieved from http://jurnalantropologi. fisip.unand .ac.id/index.php/jantro/article/view/60/55

Lokollo, J. (1997). Seri Budaya Pela-Gandong dari Pulau Ambon. Ambon: Lembaga Kebudayaan Daerah Maluku.

Mahmud, N. (2013). Lembaga Kebudayaan Daerah Maluku. Kudus: Maseifa Jendela Ilmu.

Maliki, Z. (2010). Pluralisme Agama: Pergulatan Dialogis Islam-Kristen di Indonesia. Malang: UIN-Maliki Press.

Maslikhah. (2007). Quo Vadis Pendidikan Multikultural: Rekonstruksi Sistem Pendidikan berbasis Kebangsaan. Surabaya: JP Books.

Muhammadiyah, P. P. (2012). Pluralisme Agama: Pergulatan Dialogis Islam-Kristen di Indonesia. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Ritzer, G., & Goodman, D. J. (2012). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kenanga.

Sukiyani, F., & Zamroni. (2014). Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1), 57–70.

Widiyanto, A. (2016). Religious Authority and the Prospects for Religious Pluralism in Indonesia. Zurich: The Deutsche Nationalbibliothek Lit Verlag GmbH & Co. KG Wien.

Yaqin, M. A. (2005). Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media.

Zada, H. (2006). Agama dan Etnis: Tantangan Pluralis Nilai-Nilai Pluralisme dalam Islam. Jakarta: Nuansa-Fatayat NU-Ford Foundation.

Published
2019-12-23
How to Cite
Pajarianto, H., & Mahmud, N. (2019). MODEL PENDIDIKAN DALAM KELUARGA BERBASIS MULTIRELIGIUS. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(2), 254-266. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i7
Section
Vol. 22 No. 2
Abstract viewed = 1672 times