HUBUNGAN ANTARA BUDAYA MADRASAH DENGAN MOTIVASI KERJA GURU DI MTS SE-KECAMATAN SINJAI BARAT

  • Danial Danial Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0003-0469-9616
  • Muljono Damopolii Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • St. Syamsudduha Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realitas budaya madrasah, mendeskripsikan realitas motivasi kerja guru, dan menguji korelasi antara budaya madrasah dengan motivasi kerja guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode ex post facto. Responden dalam penelitian ini adalah semua guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat yang berjumlah 64 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket kemudian hasilnya dianalisis menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa realitas budaya madrasah berada pada kategori kondusif dengan persentase 83% dari kriteria yang ditetapkan; realitas motivasi kerja guru berada pada kategori tinggi dengan persentase 79% dari kriteria yang ditetapkan; dan korelasi antara budaya madrasah dengan motivasi kerja guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat menunjukkan korelasi positif dengan nilai koefisien korelasi 0,559 dan berada pada tingkat hubungan yang sedang.

Abstract:

The research aimed to describe the Islamic schools’ (madrasah) culture reality, to describe the teachers’ work motivation reality, and to examine the correlation between the Islamic schools’ culture and the teachers’ work motivation at MTs (Islamic Junior High School) in West Sinjai District. This research was a correlational study by using the ex-post facto method. The Participants of this research were 64 teachers from all MTs in West Sinjai District. The instrument used was questionnaire then the data were analyzed by using product moment correlation analysis. This research revealed some significant findings that the reality of the Islamic schools’ culture could be considered as conducive with the percentage of 83%, the reality of the teachers’ work motivation was reported to be high with percentage of 79%, and the findings indicated a positive correlation between the Islamic schools’ culture and the teachers’ work motivation at MTs in West Sinjai District signified by correlational coefficient value of 0.559, which was categorized as moderate level of correlation.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Danial Danial, Pascasarjana UIN Alauddin Makassar

1.      Author Pertama

Nama: Danial, S.Pd.

Tempat/Tgl. Lahir: Sinjai, 14 Juli 1995

Pendidikan Terakhir: S-1 Manajemen Pendidikan Islam

Jabatan: Mahasiswa S-2 Pascasarjana UIN Alauddin Makassar

Alamat:Desa Bolaromang, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa

E-mail: [email protected]

Kontak: +6285342943618

2.      Author Kedua

Nama: Dr. Muljono Damopolii, M.Ag.

Tempat/Tgl. Lahir: Motoboi Kecil, 10 Nopember 1964

Pendidikan Terakhir: S-3 Pengkajian Islam/Pendidikan Islam

Lembaga Tempat Bertugas: UIN Alauddin Makassar

Jabatan: Wakil Dekan 1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Alamat: Aspol Tallo Lama Blok-E No. 2 Makassar

E-mail: [email protected]

Kontak: +6281342339010

3.      Author Ketiga

Nama: Dr. Hj. St. Syamsudduha, M.Pd.

Tempat/Tgl. Lahir: Pare-Pare, 28 Desember 1968

Pendidikan Terakhir: S-3 Administrasi Publik Kons. Manajemen Publik

Lembaga Tempat Bertugas: UIN Alauddin Makassar

Jabatan: Ketua Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Alauddin Makassar

Alamat: Jl. Andi Tonro No. 48 Gowa

E-mail: [email protected]

Kontak: +6281241940872

References

Astuti, & Danial. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Madrasah yang Kondusif (Studi di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bone). Penelitian Kolektif Pemula. Watampone: Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Colquitt, J. A., & Dkk. (2011). Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment in the Workplace. New York: McGraw-Hill Companies.

Djatmiko, Y. H. (2008). Perilaku Organisasi (Cet. V). Bandung: Alfabeta.

Engkoswara, & Komariah, A. (2012). Administrasi Pendidikan (Cet. I). Bandung: Alfabeta.

Ginting, B. (2011). Hubungan Budaya Organisasi Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru SMAN Kota Binjai, 8(1), 61–72.

Greenberg, J., & Baron, R. A. (2008). Behavior in Organization. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education.

Hakiki, A. (2016). Pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi kerja pegawai pada dinas kebudayaan dan pariwisata kota cilegon, 2(2), 159–167.

Irfan, S., & Najib Ahmad Marzuki. (2018). The Moderating Effects of Organizational Culture on the Relationship between Work Motivation and Work Commitment of University Academic Staff, 8(1), 137–155. https://doi.org/10.5296/ijld.v8i1.12484

Kementerian Agama RI. (2013). Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung: Mikraj Khazanah Ilmu.

Kreitner, R., & Kinicki, A. (2007). Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill Companies.

Mania, S. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Cet. I). Makassar: Alauddin University Press.

McShane, S. L., & Glinow, M. A. Von. (2005). Organizational Behavior: Emerging Realities for the Workplace Revolution. New York: McGraw-Hill Companies.

Mukhtar, & Iskandar. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan (Cet. I). Jakarta: Gaung Persada Press.

Mulyasa, E. (2015). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Cet. V). Jakarta: Bumi Aksara.

Nasrun, & Ambarita, D. F. P. (2017). The Effect of Organizational Culture and Work Motivation on Teachers Performance of Public Senior High School in Tebing Tinggi, 118, 320–326.

Prabowo, S. L. (2008). Manajemen Pengembangan Mutu Sekolah/Madrasah (Cet. I). Malang: UIN-Malang Press.

Rivai, V., & Arifin, A. (2013). Islamic Leadership: Membangun Superleadership Melalui Kecerdasan Spiritual (Cet. II). Jakarta: Bumi Aksara.

Rivai, & Dkk. (2019). Organizational Culture an Organizational Climate as a Determinant of Motivation and Teacher Performance, Vol 6 No. https://doi.org/10.14738/assrj.62.6267

Riwan, E. (2014). Hubungan Budaya Organisasi dengan Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri Gugus I , II dan III Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu Riau, 2, 179–186.

Robbins, S. P. (2002). Esential of Organizational Behavior. Jakarta: Erlangga.

Robbins, S. P. (2003). Esential of Organizational Behavior. Jakarta: Erlangga.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2009). Organizational Behavior. Singapura: Prentice Hall International.

Saat, S., & Mania, S. (2018). Pengantar Metodologi Penelitian: Panduan Bagi Peneliti Pemula (Cet. I).

Saefullah, U. (2014). Manajemen Pendidikan Islam (Cet. II). Bandung: Pustaka Setia.

Salimah. (2017). Evaluasi Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Di Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah, 2(1).

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Cet. XX). Jakarta: Rajawali Pers.

Shihab, M. Q. (2012). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an (Vol. 6. Ce). Jakarta: Lentera Hati.

Sohail, A., & Dkk. (2014). Effect of Work Motivation and Organizational Commitment on Job Satisfaction: (A Case of Education Industry in Pakistan), 14(6).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cet. XXIV). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Cet. XII). Jakarta: Bumi Aksara.

Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam (Cet. I). Jakarta: Prenada Media Group.

Sutrisno, E. (2013). Budaya Organisasi (Cet. III). Jakarta: Kencana.

Taahyadin, F., & Daud, Y. (2018). School Culture and School Improvement Challenges in Kedah. Retrieved from https://www.academia.edu/36882556/School_Culture_and_School_Improvement_Challenges_in_Kedah.

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan (Cet. XI). Jakarta: Bumi Aksara.

Yaakob, M. F. M. (2016). The Relationship between School Culture and Professional Learning Community in Malaysia, 6(12), 231–236. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v6-i12/2489

Zainal, V. R., & Bahar, F. (2013). Islamic Education Management: Dari Teori ke Praktik (Cet. I). Jakarta: Rajawali Pers.

Published
2019-06-12
How to Cite
Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019). HUBUNGAN ANTARA BUDAYA MADRASAH DENGAN MOTIVASI KERJA GURU DI MTS SE-KECAMATAN SINJAI BARAT. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 141-156. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12
Section
Vol. 22 No 1
Abstract viewed = 603 times