PENGARUH METODE LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PRAKTIK TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI STAKPN TARUTUNG

  • Oktober Tua Aritonang Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN)
    (ID)

Abstract

Abstract:
This research aimed to determine whether there was an influence of training me-thods on learning achievement in the course of Education Technology practices in learning PAK by the fifth semester students majoring PAK in STAKPN Tarutung. This research was quantitative, it was a pre-experimental design type with one shot case study group post-test only design. The populations of this research were 141 students and 32 samples taken with nonprobability sampling technique with purposive sampling. The results showed that the average of training methods implementation showed good category, and the average learning achievement showed good category also, but there are still some weaknesses. Correlation co-efficient was in strong category; It means that there is a positive and significant influence between training methods on learning outcomes in the Course of Edu-cation Technology Practices in learning PAK.

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh metode latihan terhadap hasil belajar Praktik Teknologi Pendidikan pada mahasiswa semester V jurusan PAK di STAKPN Tarutung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain pre-experimental tipe one shot case study atau one group post-test only. Populasi 141 orang dan sampel 32 orang, diambil dengan teknik nonprobability sampling tipe purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata pelaksanaan metode latihan berada pada kategori baik dengan beberapa kelemahan. Harga koefisien korelasi (r) dalam kategori kuat; artinya pengaruh metode latihan ter-hadap hasil belajar signifikan; sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan metode latihan terhadap hasil belajar Mata Kuliah Praktik Teknologi Pendidikan dalam pembelajaran PAK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, Mengenal Metode Pembelajaran, Pasuruan: Pustaka Hulwa, 2014.

Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta,2006.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Jihad dan Haris, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013.

Miarso, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Prenada Media, 2004.

Poerwati dan Amri, Panduan Memahami Kurikulum 2013: Sebuah Inovasi Struktur Kurikulum Penunjang Masa Depan, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2013.

Priyatno, Mandiri Belajar SPSS (Statistical Product and Servive Solution), Yogyakarta: Media Kom, 2008.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2005.

Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Raja Grafindo, 2012.

Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.

Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar-Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2006.

Tim Penyusun, Buku Pedoman STAKPN Tarutung. Tarutung: STAKPN Press, 2013.

Widoyoko, Teknik Penyusunan Instumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Published
2015-12-31
How to Cite
Aritonang, O. T. (2015). PENGARUH METODE LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PRAKTIK TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI STAKPN TARUTUNG. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 18(2), 194-206. https://doi.org/10.24252/lp.2015v18n2a5
Section
Vol. 18 No. 2
Abstract viewed = 573 times