PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA
Abstract
Abstract:
This study was a research and development where the students’ worksheet deve-lopment was oriented on scientific approach of Biology subject with valid, prac-tical, and effective criteria. The procedure of students’ worksheet development was based on the development model of Thiangarajan, Semmel and Semmel (4-D) which consisted of 4 stages, namely defining, designing, developing, and dis-seminating. The results revealed that: (1) in general, students’ worksheet which oriented on scientific approach (draft I) was valid. (2) in general, the result of limited trial of draft II has already met the practical criteria. (3) in general, the trial result of draft II has already met the criteria of effectiveness. The observation re-sults during the learning which employed scientific approach were; (a) the stu-dents responds positively towards the use of the worksheet, (b) the students’ lear-ning result has already met the individual and the classical completeness criteria.
Abstrak:
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berorientasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran biologi dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Tujuan tersebut dicapai dengan penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur pengembangannya mengacu pada model pengembangan Thiangarajan, Semmel dan Semmel (4-D) yang terdiri dari 4 tahapan: pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji coba draft I dinyatakan valid; (2) hasil uji coba terbatas draft II memenuhi kriteria kepraktisan; dan (3) hasil uji coba draf II telah memenuhi kriteria keefektifan. Hasil pengamatan selama pem-belajaran berorientasi pendekatan saintifik adalah: (a) peserta didik merespon po-sitif penggunaan LKPD; (b) hasil belajar peserta didik memenuhi syarat ketun-tasan individual dan syarat ketuntasan klasikal dengan menggunakan LKPD berorientasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran biologi.
Downloads
References
Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Agustin, M. 2011. Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Arsih, F. 2010. Pengembangan LKS IPA Biologi Kelas VIII SMP Berorientasi pada Pendekatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Ta’adib Juni 2010, Volume XIII. Nomor. 1.
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran (Edisi Revisi Cetakan ke- 16). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Biologi SMA & MA. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional 2004b. Penilaian Belajar dalam Sistem Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Model Pembelajaran Terpadu IPA. Jakarta: Depdiknas.
Fauziah, Abdullah, & Hakim. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah: Jurnal Invotec Agustus 2013, Volume IX Nomor 2.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Nurfathurrahmah. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Metode Resitasi pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa SMA Kelas XI. Tesis. PPs Universitas Negeri Makassar. Tidak diterbitkan.
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. (Edisi II Cetakan Keenam). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sani, A.R. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Edisi I Cetakan Kesembilan) Jakarta: Kencana.
Sudarma, M. 2013. Profesi Guru Dipuji, Dikritisi, dan Dicaci. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sujarwanta, A. 2012. Mengkondisikan Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik (Natural Science Learning Conditional with Saintific Approach). Jurnal Nuansa Kependidikan Nopember 2012, Volume XVI Nomor 1.
Sukmadinata, S.N. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2014.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).