PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA

  • Muhammad Khalifah Mustami Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Irwansyah Program Studi Pendidikan Biologi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bima, Nusa Tenggara Barat
    (ID)

Abstract

Abstract:
This study was a research and development where the students’ worksheet deve-lopment was oriented on scientific approach of Biology subject with valid, prac-tical, and effective criteria. The procedure of students’ worksheet development was based on the development model of Thiangarajan, Semmel and Semmel (4-D) which consisted of 4 stages, namely defining, designing, developing, and dis-seminating. The results revealed that: (1) in general, students’ worksheet which oriented on scientific approach (draft I) was valid. (2) in general, the result of limited trial of draft II has already met the practical criteria. (3) in general, the trial result of draft II has already met the criteria of effectiveness. The observation re-sults during the learning which employed scientific approach were; (a) the stu-dents responds positively towards the use of the worksheet, (b) the students’ lear-ning result has already met the individual and the classical completeness criteria.

Abstrak:
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berorientasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran biologi dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Tujuan tersebut dicapai dengan penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur pengembangannya mengacu pada model pengembangan Thiangarajan, Semmel dan Semmel (4-D) yang terdiri dari 4 tahapan: pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji coba draft I dinyatakan valid; (2) hasil uji coba terbatas draft II memenuhi kriteria kepraktisan; dan (3) hasil uji coba draf II telah memenuhi kriteria keefektifan. Hasil pengamatan selama pem-belajaran berorientasi pendekatan saintifik adalah: (a) peserta didik merespon po-sitif penggunaan LKPD; (b) hasil belajar peserta didik memenuhi syarat ketun-tasan individual dan syarat ketuntasan klasikal dengan menggunakan LKPD berorientasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran biologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Agustin, M. 2011. Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Arsih, F. 2010. Pengembangan LKS IPA Biologi Kelas VIII SMP Berorientasi pada Pendekatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Ta’adib Juni 2010, Volume XIII. Nomor. 1.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran (Edisi Revisi Cetakan ke- 16). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Biologi SMA & MA. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional 2004b. Penilaian Belajar dalam Sistem Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Model Pembelajaran Terpadu IPA. Jakarta: Depdiknas.

Fauziah, Abdullah, & Hakim. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah: Jurnal Invotec Agustus 2013, Volume IX Nomor 2.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nurfathurrahmah. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Metode Resitasi pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa SMA Kelas XI. Tesis. PPs Universitas Negeri Makassar. Tidak diterbitkan.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. (Edisi II Cetakan Keenam). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sani, A.R. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Edisi I Cetakan Kesembilan) Jakarta: Kencana.

Sudarma, M. 2013. Profesi Guru Dipuji, Dikritisi, dan Dicaci. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sujarwanta, A. 2012. Mengkondisikan Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik (Natural Science Learning Conditional with Saintific Approach). Jurnal Nuansa Kependidikan Nopember 2012, Volume XVI Nomor 1.

Sukmadinata, S.N. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2014.

Published
2015-12-31
How to Cite
Mustami, M. K., & Irwansyah, M. (2015). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 18(2), 236-247. https://doi.org/10.24252/lp.2015v18n2a8
Section
Vol. 18 No. 2
Abstract viewed = 5040 times