PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI EKOSISTEM BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

  • Ummu Kalsum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Khalifah Mustami Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Wahyuni Ismail Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul biologi berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang valid, efektif, dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan 4-D atau model Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi model 3-D, yakni tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek uji coba dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bajeng Barat. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data dibagi atas 3 yaitu instrumen uji kevalidan berupa lembar validasi, instrumen uji kepraktisan berupa angket respon peserta didik, dan instrumen uji keefektifan berupa tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif (mix method). Berdasarkan data uji coba kevalidan modul yang direvisi sebanyak 3 kali, modul memenuhi kategori valid dengan skor rata-rata 3.39, untuk uji coba kepraktisan modul diperoleh nilai rata-rata 3.57 termasuk kategori sangat praktis dan setelah  dilakukan uji coba keefektifan modul  memenuhi kategori efektif untuk digunakan dengan perolehan nilai rata-rata 80.62, dengan jumlah siswa yang tuntas dalam proses pembelajaran adalah 28 orang atau sekitar 87.5 % sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 4 orang atau sekitar 12.5%. Hal ini mengindikasikan bahwa modul yang dikembangkan masih belum sempurna namun layak untuk digunakan.

Abstract:

The aims of the research were to develop a valid, effective and practical biology-based Contextual Teaching and Learning (CTL) module. This research is a research development (Development and Development) which refers to 4-D development model or Thiagarajan model that is modified into 3-D model, ie define, design and develop. The subject of this research is the students of class VII of SMP Negeri 2 Bajeng Barat. The research instrument is divided into 3 namely the validity test instrument in the form of validation sheet, the practicality test instrument in the form of a questionnaire of the learners' response and the effectiveness test instrument in the form of learning test. The data obtained were then analyzed using qualitative and quantitative descriptive analysis (mix method). Based on data of validity test of  3 times revised modules, it shows that the module meets the valid category with the mean score of 3.39, for modality practicality module obtained the mean score of 3.57 which belongs to very practical category and for effectiveness test of the module obtained effective category with the mean score of 80.62, with the total number of students who achieved minimum mastery criterion were 28 people or about 87.5% while 4 of them have not achieved minimum mastery criterion or about 12.5%. This indicates that the module developed is still not perfect, but it is feasible to use.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminullah. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Pokok Pembahasan Sistem Reproduksi Manusia dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa Kelas XI SMA. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Cet. II. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.

Departemen Agama RI. (2002). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Surabaya: Pustaka Agung Harapan.

Fitri, L. A., Kurniawan, E. S., & Ngazizah, N. (2013). Pengembangan Modul Fisika pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Berbasis Domain Pengetahuan Sains untuk Mengoptimalkan Minds-On Siswa SMA Negeri 2 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi, 3(1), 19–23. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=97631&val=614

Glynn, S. M., & Winter, L. K. (2004). Contextual Teaching and Learning of Science in Elementary Schools. Journal of Elementary Science Education, 16(2), 51–63. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ798807.pdf

Hanafiah, N., & Suhana. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.

Huang, C. (2005). Designing High-Quality Interactive Multimedia Learning Modules. Elsevier, (29), 223–233. https://doi.org/10.1016/j.compmedimag.2004.09.017

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Cet. X. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustami, M. K., & Dirawan, G. D. (2015). Development of Worksheet Students Oriented Scientific Approach at Subject of Biology. Man In India, 95(4), 917–925. Retrieved from http://www.serialsjournals.com/serialjournalmanager/pdf/1456920315.pdf

Nieveen, N. (2013). Formative Evaluation in Educational Design Research. In T. Plom & N. Nieveen (Eds.), An Introduction to Educational Design Research. Netherlands: Netzodruk, Enschede. Retrieved from www.slo.nl/organisatie/international/publications.

Nurdin. (2007). Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Meta kognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Universitas Negeri Semarang.

Rafiqah. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme. Cet. I. Makassar: Alauddin University Press.

Rapi, M. (2012). Pengantar Strategi Pembelajaran (Pendekatan Standar Proses). Makassar: Alauddin University Press.

Sadiman, & Ningsih. (2015). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP/MTS. Jakarta: Duta.

Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Cet. II. Jakarta: Kencana.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2009). Teknologi Pengajaran. Cet. VI. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Cet. 1. Surabaya: Kencana Prenata Media Group.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Cet. V. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) Peserta Didik Kelas X SMA YAPIP Sungguminasa Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Published
2018-06-30
How to Cite
Kalsum, U., Mustami, M. K., & Ismail, W. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI EKOSISTEM BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 97-109. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i9
Section
Vol. 21 No. 1
Abstract viewed = 1740 times