Klasifikasi Faktor-Faktor Penyebab Hepatitis C dengan Menggunakan Metode Classification And Regression Tree (CART)

  • Fitri Rahmawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Try Azisah Nurman
    (ID)
  • Khalilah Nurfadilah
    (ID)
Keywords: Hepatitis C, Classification and Regression Tree (CART)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai klasifikasi faktor-faktor penyebab Hepatitis C. Tujuan penelitian yaitu mengetahui faktor-faktor penyebab Hepatitis C yang mengidap. Dimana hasil ketepatan klasifikasi yang diperoleh sebesar 94,56%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien yang mengidap penyakit Hepatitis C dengan Aspartate Transaminase (<37u/l ) sebanyak 412 orang, pasien yang mengidap dengan Aspartate Transaminase (>=37u/l ) dan Gamma Glutamyl Transferse (<55u/l,>=55u/l ) sebanyak 17 orang, pasien yang mengidap penyakit Hepatitis C dengan Aspartate Transaminase (>=37u/l ), Gamma Glutamyl Transferse (<55u/l ) dan Albumin (Normal) sebanyak 22 orang dan pasien dengan Aspartate Transaminase (>=37u/l ), Gamma Glutamyl Transferse (<55u/l) dengan Albumin (Rendah,Tinggi) sebanyak 5 orang yang mengidap Hepatitis C.

References

[1] Kusrini dan Lutfhi Emha Taufiq. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET, 2009.

[2] Nurcahyo, Gunandi Widi dan Dicky Nofriansyah. Algoritma Data Mining dan Pengujian. Deepublish: CV.Budi Utama, 2019.

[3] Wathoni, Mahbubul. Prediksi Kecenderungan Konsumen dalam Memilih Jenis Kendaraan (Roda Empat) Berdasarkan Spesifikasi Kendaraan Menggunakan Decision Tree dengan Metode Gini. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Program Studi Matematika Jurusan MIPA Fakultas Sains dan Teknologi, 2006.

[4] Eska Juna. Penerapan Data Mining untuk Prediksi Penjualan Walpaper Menggunakan Algoritma C4.5. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi.Vol.2, No.2, 2016

[5] Nafi’iyah, Nur. Algoritma CART dalam Penentuan Pohon Keputusan Sertifikasi Guru. Jurnal Spirit, Vol.13, No.2, 2015.

[6] Han, Jiawei dkk. Data Mining Concepts and Techniques Third Edition. USA:Elsevier, 2012.

[7] Handayani, Siti Hartati Selviani dan Santi Wulan Purnami. Pendekatan Metode Clasification and Regression Tree untuk Diagnosis Tingkat Keganasan Kanker pada Pasien Kanker Tiroid. Jurnal Sains dan Seni Pomits Vol.3, No.1, 2014.

[8] Siahaan, Makhmul Ikhsan. Pengunaan Metode Classification and Regression Tree (CART) untuk Klasifikasi Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja di Kota Medan Tahun 2019. Skripsi. Medan : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara, 2021

[9] Sumartini, Siti Holis dan Santi Wulan Purnami. Penggunaan Metode Classification and Regression Trees (CART) untuk Klasifikasi Rekurensi Pasien Kanker Serviks di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Jurnal Sains dan Seni ITS. Vol.4, No.2, 2015

[10] Budhiman, Arif. Evaluasi Ketepatan Klasifikasi Penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) Pada Anak Balita Menggunakan Metode Classification Tree di Puskesmas Cukir Kabupaten Jombang Jawa Timur. Tesis, Surabaya : Fakultas Matematika, Komputasi dan Sains Data Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2018.

[11] Alfian, Lisa Purwanti. Hepatitis Virus C (HCV) di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Periode 2017-2019. Skripsi. Makassar: Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, 2020.

[12] Zuama, Robi Aziz. Pembelajaran Mesin Untuk Diagnosis Tingkat Kerusakan Hati Akibat Hepatitis C. Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. Vol.13,No.3, 2021
Published
2024-08-02
How to Cite
[1]
Fitri Rahmawati, Try Azisah Nurman, and Khalilah Nurfadilah, “Klasifikasi Faktor-Faktor Penyebab Hepatitis C dengan Menggunakan Metode Classification And Regression Tree (CART)”, MSA, vol. 12, no. 1, pp. 89-101, Aug. 2024.
Abstract viewed = 30 times

Most read articles by the same author(s)