AJT COGNITIVE TEST: RESPON HARAPAN BARU TERHADAP TES INTELIGENSI ANAK DI INDONESIA

  • Andi Halima Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Eva Meizara Puspita Dewi Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-2441-6700
  • Nurfajriyanti Rasyid Universitas Negeri Makassar
    (ID)

Abstrak

Permasalahan dalam penggunaan tes psikologi seringkali ditemukan berkaitan dengan aitem tes yang tidak sensitif budaya. Adaptasi bahasa pada tes psikologi tidak cukup untuk menyelesaikan permasalahan budaya tersebut. Kehadiran AJT Cognitive Test di Indonesia dan kegunaannya dalam dunia pendidikan menjadi harapan baru untuk tes Intelegensi di Indonesia karena dikembangkan sesuai kultur lokal. Kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh APPI Sulawesi dalam bentuk pelatihan dengan tema “Mengenali dan Meningkatkan Kemampuan Anak dengan AJT Cognitive Test” pada Bulan September 2020 menghadirkan narasumber yang berkompeten dan diikuti partisipan dalam penelitian ini sebanyak 80 orang yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dan instansi dan profesi yang beragam. Cara mengukur tingkat ketercapaian keberhasilan dari kegiatan ini berupa memberikan evaluasi program menggunakan instrumen berupa angket yang disebar melalui google form. Angket evaluasi yang berisi pertanyaan tertutup dan pertanyaan terbuka. Data diolah menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil temuan menunjukkan pelatihan AJT Cognitive Test menarik bagi peserta dan isi materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan peserta, serta pelatihan ini membuat peserta menjadi paham tentang komponen yang ada dalam AJT Cognitive Test.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 1438 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

> >>