OTORITAS JASA KEUANGAN DAN PENGAWASAN TERHADAP PERBANKAN SYARIAH DALAM PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH

  • Noranisa Noranisa Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Musyfikah Ilyas Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Pengawasan;, Perbankan Syariah;, Otoritas Jasa Keuangan;, al-Hisbah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengawasan Otoritas Jasa Keuangan terhadap perbankan syariah menurut Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan yuridis syar’i. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan terhadap perbankan syariah dilakukan oleh 2 (dua) lembaga yang otoritatif, secara internal dilakukan oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) atau Dewan Syariah Nasional (DSN) dan Otoritas Jasa Keuangan merupakan pengawas yang sifatnya eksternal. Dalam menjalankan tugasnya, Otoritas Jasa Keuangan berwenang menilai operasional perbankan syariah baik secara off site dan on site. Dalam hukum Islam, fungsi Otoritas Jasa Keuangan sama dengan al-Muraqabah, sehingga kedudukan Otoritas Jasa Keuangan dapat diqiyaskan dengan lembaga al-Hisbah yang berfungsi sebagai pengontrol pasar pada zaman Rasulullah saw.

Referensi

Jurnal

Asrianti dan Subehan Khalik. “Peran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Soppeng dalam Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 1, no. 3 (2020).

Basri, Halimah. “Kesaksian Perempuan dalam Kontrak Keuangan dalam Kitab- Kitab Tafsir.” al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan 7, no. 2 (2018).

Darmawati dan Halimah Basri. “Nasionalisme dan Demokrasi dalam Pandangan Hukum Islam.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 1, no. 3 (2020).

Hairat, Nurul dan M. Gazali Suyuti. “Implementasi Standar Pelayanan Menurut Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2009 di Puskemas Sigeri.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 1, no. 3 (2020).

Halil, Abdul dan Hamzah Hasan. “Pencabutan Kewenangan Mendagri dalam Membatalkan Perda Kabupaten/ Kota: Tela’ah atas Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 137/PUU-XIII/2015.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 1, no. 1 (2019).

Hamsir. “Aspek- Aspek Tindak Pidana dalam Perbankan Syariah dan Perbankan Konvensional.” Jurnal El Iqtishady 2, no. 2 (2020).

Haryanto, Nata dan Abdul Wahid Hadadde. “Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Ditinjau dari Hukum Positif dan Hukum Tata Negara Islam.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 2, no. 1 (2021).

Hidayat, Imam dan Alimuddin. “Penyebaran Konten Pornografi Perspektif Undang- Undang Nomor 11 Tahun 2008 dan Hukum Islam.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 1, no. 2 (2020).

Larissa, Dea. “Perlindungan Hukum Bagi Korban Tindak Pidana Penipuan Jual Beli Online di Indonesia.” Riau Law Journal 4, no. 2 (2019).

Mayapada, Andi Nur dan Nila Sastrawati. “Golput dan Kewajiban Memilih Pemimpin dalm Islam.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 2, no. 3, (2020).

Nidasoliah, Andi Zalika dan Rahmiati. “Pemenuhan Hak Pilih Penyandang Disabilitas Netra pada Pemilihan Gubernur Kota Makasar Perspektif Siyasah Syar’iyyah.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 2, no. 1 (2021).

Nurekasari dan Hamzah Hasan. “Tinjauan Siyasah Syar’iyyah terhadap Eksistensi Lembaga Legislatif Sebelum dan Setelah Reformasi.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 2, no. 1 (2021).

Pratiwi, Ratih dan Hamzah Hasan. “Pemungutan Liar di Desa Batuganda Kabupaten Kolaka Utara Perspektif Hukum Pidana Islam.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 1, no. 2 (2020).

Saleh, Miftahul Fauzy Haerul dan Halimah Basri. “Kewenangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam Penyelenggaraan Pemilu di Kota Makassar.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 1, no. 1 (2019).

Saraswati, Siti Adinda Dewi dan Hisbullah. “Peran OJKterhadap Aplikasi Peminjaman Dana Online.” Alauddin Law Development Journal (ALDEV) 3, no. 1 (2021).

Shalihah, Ulfatus dan Rahmiati HL. “Pidana Penjara Seumur Hidup bagi Bagi Koruptor Ditinjau dari Aspek Hak Asasi Manusia dan Hukum Islam.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 2, no. 1 (2021).

Syaiful, Muhammad Gazali dan Hamzah Hasan. “Tinjauan Normatif Etika Seksual dalam Hukum Islam.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 1, no. 1 (2020).

Yustiantia, Surti. “Kewenangan Pengaturan dan Pengawasan.Perbankan Oleh Bank.Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. (OJK).” ACTA DIURNAL 1, no. 1 (2017).

Buku

Antonio, Muhammad Syafi’i. Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press, 2007.

Basir, Cak. Penyelesaian Sengketa Perbankan Syari’ah di PA dan Mahkamah Syar’iah. Jakarta: Kharisma Putra Utama, 2012.

Kementerian Agama Republik Indonesia. al-Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya: Halim Publishing, 2014.

Muhammad, Abdulkaadir. Hukum Perusahaan Indonesia. Bandung: Citra Aditya Bakti, 2010.

OJK, Departemen Perizinan dan Informasi Perbankan, Booklet Perbankan Indonesia, Edisi 4, Maret, 2017.

Rahmiati. Terampil Menulis Karya Ilmiah. Makassar: Alauddin University Press, 2012.

Taimiyah, Ibn, al-Sisasah al- Syar’iyyah fi Ashlah ar- Ra’y Wa Ra’iy. Mesir: Dar al-Kitab al-Arabia, 2009.

al-Mahalili, Imam Jalaluddin. Terjemahan Tafsir Jalalain. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1999.

al-Naisaburi, Abu al-Husain bin al-Hajj al-Quraisy. Shahih Muslim, Juz 1. Beirut: Dar Al Fikr, 1998.

Skripsi/Tesis/Disertasi

Iskandar. Kedudukan Fatwa DSN MUI dan OJK dalam Implementasi Perbankan Syari’ah di Kepulauan Bangka Belitung. Skripsi: STAIN Syaikh Abdurrahman, Bangka Belitung, 2017.

Website

Otoritas Jasa Keuangan, Perbankan Syari’ah dan Kelembagaannya, diakses Tanggal 20, Juni, 2021. https://www.ojk.go.id

Peraturan

Republik Indonesia, Undang- Undang RI Nomor.21 Tahun.2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan.

Diterbitkan
2022-05-29
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 124 times