IMPLEMENTASI HAK MEMILIH BAGI WARGA BINAAN LAPAS KLAS I MAKASSAR PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

  • Andi Arvenia TRA Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hadi Daeng Mapuna Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui penggunaan hak pilih warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Makassar pada Pemilihan Umum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana prosedur penggunaan hak pilih oleh warga binaan yang sementara dalam pembatasan hak dan bagaimana konsep memilih pemimpin dalam Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan yudiridis normatif, sumber data berupa data primer dan sekunder. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa prosedur penggunaan hak pilih oleh warga negara yang sedang menjalani masa pemidanaan dalam lembaga pemasyarakatan tidak berbeda dengan prosedur penggunaan hak pilih oleh masyarakat pada umumnya, pihak Lapas Klas 1 Makassar telah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum sebagai lembaga negara yang otoritatif untuk menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung pelaksanaan pemungutan suara yang dilangsungkan dalam Lapas. Memilih pemimpin dalam Islam bukanlah sesuatu yang tertentangan dengan syariat, bahkan jauh sebelum prinsip-prinsip demokrasi modern diperkenalkan, pada masa Rasulullah dan khulafaur rasidin telah menerapkan sistem pemilihan pemimpin secara demokratis yang dikenal dengan istilah ahlul halli wal’aqdi, yaitu lembaga perwakilan yang menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

 Kata Kunci: Hak Pilih; Lapas Klas 1 Makassar; Warga Binaan

Referensi

Buku

Al-Mawardi, Al-Ahkam Al-Sulthaniyah, (Beirut: Dar al-Fikr, t.tp.).

Awaluddin, Hamid, HAM Politik, Hukum, & Kemunafikan Internasional, (Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2012).

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Quran Departemen Agama RI, 1980).

Hasbi, Artani, Musyawarah dan Demokrasi (Jakarta: Granit, 2004).

Huda, Ni’matul, Hukum Tata Negara Indonesia, (Jakarta: Rajawali Pers, 2016).

Khaliq, Farid Abdul, Fikih Politik Islam, (Jakarta: Sinar Grafika, 2005).

Sinamo, Nomensen, Hukum Tata Negara Suatu Kajian Kritis tentang Kelembagaan Negara, (Jakarta: Jala Permata Aksara, 2010).

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Bandung: Alfabeta, 2004).

Sukarjo, Ahmad, Ensiklopedi Tematis Dinul Islam, (Bandung: Kencana, 2006).

Jurnal

Asrul, Muhammad, Efektivitas Tugas dan Fungsi Petugas Lembaga Pemasyarakatan Terhadap Pencegahan Peredaran Narkotika, Aldev, Volume 2 Nomor 3 (November, 2020).

Fatwah, Siti dan Kusnadi Umar, Penerapan Sistem E-Court Di Pengadilan Tata Usaha Negara Makassar Perspektif Siyasah Syar’iyyah, Siyasatuna, Volume 2 Nomor 3 (September, 2020).

Jafar, Usman, Kekuasaan Dalam Tradisi Pemikiran Politik Islam (Refleksi Atas Pemikiran Politik Islam), Al-Daulah, Volume 6 Nomor 2 (Desember, 2017).

---------------, Islam dan Politik (Telaah Atas Pemikiran Politik Kontemporer di Indonesia), Al-Daulah, Volume 6 Nomor 1 (Juni, 2017).

---------------, Kekuasaan Dalam Tradisi Pemikiran Politik Islam (Refleksi Atas Pemikiran Politik Islam), Al-Daulah, Volume 6 Nomor 2 (Desember, 2017).

---------------, Pilkada dan Konflik Horizontal (Telaah Atas Pemilukada di Kota Makassar), Al-Daulah, Volume 7 Nomor 2 (Desember, 2018).

Jumadi, Pengaruh Multi Partai Dalam Pemerintahan di Indonesia, Al-Daulah, Volume 4 Nomor 1 (Juni, 2015).

Kamaruddin dan Usman Jafar, Tata Kelola Pemerintahan Desa Lampoko Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar Perspektif Siyasah Syar’iyyah, Siyasatuna, Volume 2 Nomor 2 (Mei, 2020).

Kurniati, Sistem Politik Demokrasi Dalam Bias Hegemoni Negara: Telaah Gagasan Politik Antonio Gramsci, Al-Daulah, Volume 7 Nomor 2 (Desember, 2018).

Khalik, Subehan, Hak-hak Kaum Minoritas Dalam Hukum Islam, Al-Daulah, Volume 5 Nomor 2 (Desember, 2016).

Maloko, M. Thahir, Etika Politik Dalam Islam, Al-Daulah, Volume 1 Nomor 2 (Juni, 2013).

Rahmatiah HL, Money Politic Pada Pemilu Legislatif Tahun 2014 Di Kabupaten Gowa, Al-Daulah, Volume 3 Nomor 2 (Desember, 2014).

----------------, Sikap dan Pengetahuan Masyarakat Terhadap Money Politic Dalam Pemilu Legislatif Tahun 2014 di Kabupaten Gowa, Al-Daulah, Volume 4 Nomor 2 (Desember, 2015).

Raodiah, Pelaksanaan Sistem Pemasyarakatan Dalam Upaya Penegakan Hak Asasi Manusia Terhadap Warga Binaan, Juriprudentie, Volume 7 Nomor 2 (Desember, 2020).

Sastrawati, Nila, Partisipasi Politik Dalam Konsepsi Teori Pilihan Rasional James, S. Coleman, Al-Risalah, Volume 9 Nomor 3 (November, 2019).

Sanusi, Nur Taufik, Syari’ah: Antara Hukum dan Moral, Al-Risalah, Volume 20 Nomor 1 (Mei, 2020).

Sohrah, Konsep Syura Dan Gagasan Demokrasi (Telaah Ayat-ayat Al-Qur’an), Al-Daulah, Volume 4 Nomor 1 (Juni, 2015).

Wawancara

Kukuh Rezky Wicaksono, Staf Registrasi Lapas Klas I Makassar, wawancara, Makassar, tanggal 13 Oktober 2020.

Muhammad Faisal Ramadani, Staf Registrasi Lapas Klas I Makassar, wawancara, Makassar, 13 Oktober 2020.

Yahya Ashar, Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas 1 Makassar, wawancara, Makassar, tanggal 13 Oktober 2020.

Zulkarnain, Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas 1 Makassar, wawancara, Makassar, tanggal 13 Oktober 2020.

Diterbitkan
2021-08-01
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 165 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##