EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE DENGAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SAMPAGA

  • Muh Subhan
  • Andi Halimah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar fisika sebelum dan setelah penerapan kombinasi metode pembelajaran complete sentence dengan giving question and getting answer, serta mengetahui peningkatan hasil belajar setelah menggunakan kombinasi metode pembelajaran complete sentence dengan giving question and getting answer siswa kelas VIII SMPN 1 Sampaga Kab. Sampaga. Pemilihan sampel melalui teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini yaitu tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebelum penerapan kombinasi model pembelajaran complete sentence dengan giving question and getting answer berada pada kategori rendah, setelah penerapan model pembelajaran complete sentence dengan giving question and getting answer berada kategori tinggi, sedangkan hasil inferensial yaitu sehingga terdapat peningkatan hasil belajar setelah penerapan kombinasi metode pembelajaran complete sentence dengan giving question and getting answer siswa kelas VIII SMPN 1 Sampaga Kab. Mamuju.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ridwan. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Agus, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Arif Tiro, Muhammad. 2008. Dasar-dasar statistika Edisi Revisi. Makassar. State Universitas of Makassar Press.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Menejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Damopolii, Muljono. 2013. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi dan Laporan Penelitian. Makassar: Alauddin Press.

Depdikbud RI. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. I; Jakarta: Balai Pustaka.

Indrawati dan Setiawan Wanwan. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA.

Irianto, Agus. 2004. Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Prenada Media.

Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Jihad, Asep. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Press.

Ngalim, Purwanto. 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi pengajaran. Bandung: Rosdakarya.

Mangkautmodjo, Soegyarto. 1997. Pengantar Statistik. Jakarta: Renika Cipta.

Purnomo, Edi. Model Pembelajaran Complete Sentence. Poyoth-p.blogspot.co.id, 11 September 2012. http://poyoth-p.bolgspot.co.id/20112/11/.html ( 1 Juli 2015).

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahman, Muhammad. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Ramadhan, Tarmizi. 2008. Strategi Pembelajaran Active learning. http://ideguru. wordpress.com/2015/07/20/membina-generasi-rabbani.html (diakses 03 Agustus 2015). Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Suprijono. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2016-03-01
How to Cite
Subhan, M., & Halimah, A. (2016). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE DENGAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SAMPAGA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(1), 25-29. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i1.3283
Section
Volume 4 Nomor 1, 2016
Abstract viewed = 396 times