PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BAKULIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI I BAJENG BARAT

  • Febriani Febriani
  • Jamilah Jamilah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil belajar fisika yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran bakulikan dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional serta mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran bakulikan dengan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar fisika, perangkat pembelajaran dan lembar observasi pelaksanaan strategi pembelajaran bakulikan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen sebesar 52,4 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 44,6. Sedangkan hasil inferensial yaitu thitung > ttabel sehingga terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan Strategi pembelajaran bakulikan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas X SMA Negeri I Bajeng Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bloom, B. S. 1956. Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. New York: McKay.

Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdikbud. 2003. Panduan Penilaian Hasil Belajar Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

DjamaahSopah. 2006. Belajar dan pembelajaran. Surabaya: Terbit Terang.

Fraenkel, Jack and Norman S.Wallen. 2009. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Haling, Abdul. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pustaka Setia.

Hamid, Ahmad Abu. 2011. Pembelajaran Fisika di Sekolah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamzah, B. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Maryati. 2013. Strategi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nur, Mohammad dan Prima Retno Wikardari. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa. Surabaya: UNESA.

Purwanto. 2011. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Purwanto. 2011. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sagala, Saiful. 2003. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alpabeta

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2016-03-01
How to Cite
Febriani, F., & Jamilah, J. (2016). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BAKULIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI I BAJENG BARAT. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(1), 45-48. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i1.3286
Section
Volume 4 Nomor 1, 2016
Abstract viewed = 258 times