KOMPARASI HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING DAN ASSIGNMENT AND RECITATION
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Bajeng menggunakan metode discovery learning dan assignment and recitation yang sesuai dengan standar KKM, sekaligus untuk mengetahui perbandingan hasil belajar fisika peserta didik yang menggunakan metode discovery learning dan assignment and recitation. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dan menggunakan desain Equivalent Time Sampel Desain. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa instrumen tesdanobservasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji “t”. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasilbelajar denganmengguunakan metode discovery learningberadadalamkategoribaikdanhasilbelajar denganmenggunakan metode assignment and recitationinijugaberadadalamkategoribaik. Sedangkan hasil inferensial yaitu T tabel˂ Thitungsehingga terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode discovery learning dengan peserta didik yang menggunakan metodeassignment and recitation.
Downloads
References
Agung, Leo dan Wahyuni, Sri,2013, Perencanaan Pembelajaran Sejarah; Ombak. Yogyakarta.
Ali, Sidin dan Khaeruddin,2012, Evaluasi Pembelajaran; Badan Penerbit UNM, Makassar.
Arifin, Zaenal, 2010, Evaluasi Pembelajaran Prinsisp Teknik Prosedur;Remaja Rosdakarya, Bandung.
Bahri, D, S dan Zain, Aswan, 2006, Startegi Belajar-Mengajar; PT Rineka Cipta, Jakarta.
Getting, Abd. Rahman,2011, Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika;Grha Guru, Yogyakarta.
Ishak, Baego dan Syamsuduha, 2011, Buku Daras Evaluasi Pendidikan; Alauddin Press, Makassar.
Lotuconsina, Nurkhalisa, 2013, Pengelolaan Kelas dalam pembelajaran; PT Raja GrafindoPersadaAlauddin University Press, Makassar.
Muhibbin, Syah, 2006, PsikologiBelajar. Jakarta:..
Muslich, Masnur, 2007, KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan; Bumi Aksara, Jakarta.
Rafiqah, 2013, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme; Alauddin University Press, Makassar.
Rahman, Getteng, A, 2011, Menuju Guru Profesional Dan Ber-Etika; PT Grha Guru, Yogyakarta.
Roestiyah, 2008, Startegi Belajar Mengajar; PT Rineka Cipta, Jakarta.
Rohani, Ahmad, 2004, Pengelolaan Pengajaran; PT Rineka Cipta , Jakarta.
Sanjaya, wina, 2010,Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan; Kencana, Jakarta.
Suprijono, Agus, 2009,Cooperatif Learning; Pustaka Belajar,Yogyakarta.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.