KOMPARASI HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING DAN ASSIGNMENT AND RECITATION

  • Mutmainna Mutmainna
    (ID)
  • Andi Ferawati Jafar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Bajeng menggunakan metode discovery learning dan assignment and recitation yang sesuai dengan standar KKM,  sekaligus untuk mengetahui perbandingan hasil belajar fisika peserta didik yang menggunakan metode discovery learning dan assignment and recitation. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dan menggunakan desain Equivalent Time Sampel Desain. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa instrumen tesdanobservasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji “t”. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasilbelajar denganmengguunakan metode discovery learningberadadalamkategoribaikdanhasilbelajar denganmenggunakan metode assignment and recitationinijugaberadadalamkategoribaik. Sedangkan hasil inferensial yaitu T tabel˂ Thitungsehingga terdapat  perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode discovery learning dengan peserta didik yang menggunakan  metodeassignment and recitation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, Leo dan Wahyuni, Sri,2013, Perencanaan Pembelajaran Sejarah; Ombak. Yogyakarta.

Ali, Sidin dan Khaeruddin,2012, Evaluasi Pembelajaran; Badan Penerbit UNM, Makassar.

Arifin, Zaenal, 2010, Evaluasi Pembelajaran Prinsisp Teknik Prosedur;Remaja Rosdakarya, Bandung.

Bahri, D, S dan Zain, Aswan, 2006, Startegi Belajar-Mengajar; PT Rineka Cipta, Jakarta.

Getting, Abd. Rahman,2011, Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika;Grha Guru, Yogyakarta.

Ishak, Baego dan Syamsuduha, 2011, Buku Daras Evaluasi Pendidikan; Alauddin Press, Makassar.

Lotuconsina, Nurkhalisa, 2013, Pengelolaan Kelas dalam pembelajaran; PT Raja GrafindoPersadaAlauddin University Press, Makassar.

Muhibbin, Syah, 2006, PsikologiBelajar. Jakarta:..

Muslich, Masnur, 2007, KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan; Bumi Aksara, Jakarta.

Rafiqah, 2013, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme; Alauddin University Press, Makassar.

Rahman, Getteng, A, 2011, Menuju Guru Profesional Dan Ber-Etika; PT Grha Guru, Yogyakarta.

Roestiyah, 2008, Startegi Belajar Mengajar; PT Rineka Cipta, Jakarta.

Rohani, Ahmad, 2004, Pengelolaan Pengajaran; PT Rineka Cipta , Jakarta.

Sanjaya, wina, 2010,Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan; Kencana, Jakarta.

Suprijono, Agus, 2009,Cooperatif Learning; Pustaka Belajar,Yogyakarta.

Published
2017-03-01
How to Cite
Mutmainna, M., & Jafar, A. F. (2017). KOMPARASI HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING DAN ASSIGNMENT AND RECITATION. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 3(1), 46-51. https://doi.org/10.24252/jpf.v3i1.4103
Section
Volume 3 Nomor 1, 2015
Abstract viewed = 605 times

Most read articles by the same author(s)