Kajian Kritis Terhadap Pemikiran tentang Jiwa (Al-Nafs) dalam Filsafat Islam

  • Fatimah Halim Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Manusia bila memusatkan pandangannya terhadap hakekat sesuatu niscaya terbuka jiwanya pengetahuan tentang yang gaib, mengetahui yang tersembunyi, rahasia ciptaan Allah. Manusia yang dalam hidupnya hanya ingin mendaptkan kelezatan  makan  dan  minum,  niscaya  tertutup  jalan  bagi potensi (daya) pikirannya untuk mengetahui hal-hal yang mulia dan tidak mungkin baginya mencapai kualitas menyerupai Allah swt. Potensi syahwat dianalogikan denagn babi, marah dengan anjing, dan  pikiran  dengan  malaikat.  Kalau  manusia  dikuasai oleh daya pikirannya, maka ia akan dapat membedakan benar dan salah, baik dan buruk, akan menjadi manusia mulia mempunyai sifat yang dimiliki Allah swt. yakni bijaksana, adil, baik, mengutamakan kebenaran dan keindahan (sifat-sifat yang dimiliki Allah)

References

Abdullah, Taufiq. (et.all). Ensiklopedia Tematis Dunia Islam dan Peradaban. Jilid IV, Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve, 2002.

Abi Usaibiah, Ibnu. Thabaqat al-Atibba. Vol I, h. 207 dalam MM. Syarif, Para Filosof

Muslim. Bandung: Mizan, 1996.

Abu Ridha, Muhammad. Rasail al-Kindi al-Falsafiah. Kairo: Dar al-Fikr al-Rabi, 1990. Afzalurrahman. Ensiklopediana Ilmu dalam al-Qur’an. Bandung: Mizania, 2007.

Anis, Ibrahim. al-Mu’jam al-Wasith. Juz I, Kairo: t.p, 1972.

Asy‟arie, Musa. Filsafat Islam. Yogyakarta: LESFI, 1999.

Baha, Muhammad. al-Janib al-Ilahi al-Tafkir al-Islami. Mesir: Dar al-Kutub al-Arabi,

Daudy, Ahmad. Kuliah Filsafat Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1989.

De Boer, TJ. The History of Philosophy in Islam. New York: Dover Publication Inc., 1967. Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Yayasan Penyelenggara

dan Penterjemah Al-Qur‟an, 1971.

Edwars, Paul. (ed.), The Encyclopedia of Philosophy. jilid VI, New York: Macmillan

Publishing Co. Press, 1972.

Farabi, Araa Ahl al-Madinah al-Fadilah. Kairo: Maktabah Mathba‟at Muhammad Ali,

t.th.

Fu‟ad, Al-Ahwani Ahmad. al-Falsafat al-Islamiyat. Kairo: Maktabah al-Saqafiyah,

Hanafi, A. Pengantar Filsafat Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1990.

Jarr, Hana al-Fakhury dan Khalil. Tarikh al-Falsafah al-‘Arabiyat, Cet. II. Beirut: Muassasat li al-Thaba‟at wa al-Nasyr, 1963.

Madjid, Nurcholish. Kaki Langit Peradaban Islam. Jakarta: Paramadina, 1997. Madkhour, Ibrahim. Fi al-Falsafah al-Islamiyah Manhaj wa Tatbiquhu diterjemahkan

oleh Yulian Wahyudin, Asmin dan Ahmad Halim Mudzakir dengan judul

Filsafat Islam Metode dan Penerapannya. Jakarta: Rajawali, 1991.

Nasution, Harun. Akal dan Wahyu dalam Islam. Jakarta: UI Press, 1986.

. Falsafah dan Mistisisme dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

. Filsafat Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 1973.

Rayyah, Muhammad Ali Abu. al-Falsafat al-Islamiyah Syakhsiyyatuhu wa Mazahibuha.

t.t.: Iskandariyat, t.th.

Sina, Ibnu. al-Isyarat wa al-Tanbiha. Kairo: Dar al-Fikr, 1960.

Syarif, Adnan. Min ‘Ilm al-nafs al-Qur’ani diterjemahkan oleh Muhammad al-

Mighwar dengan judul Psikologi Qur’ani. Bandung: Pustaka Hidayah, 2003.

Syarif, MM. History of Muslim Filosophy penyunting Ilyas Hasan, Para Filosof Muslim.

Bandung: Mizan, 1996.

Syihab, M. Quraish. Tafsir al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati. 2004.

Yaziji, Kamal. al-Nusus al-Falsafiyat al-Muyassarat. Beirut: Dar al-„Ilm li al-Malayin,

Zar, Sirajuddin. Filsafat Islam Filosof dan Filsafatnya. Jakarta: PT. RajaGrafindo

Persada, 2004.

Published
2013-06-28
How to Cite
Halim, F. (2013). Kajian Kritis Terhadap Pemikiran tentang Jiwa (Al-Nafs) dalam Filsafat Islam. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 2(1), 60-73. https://doi.org/10.24252/ad.v2i1.1424
Abstract viewed = 847 times