Simbolisme dalam Pencitraan Partai Politik

  • Nila Sastrawati Ketua Jurusan Hukum Pidana dan Ketatanegaraan
    (ID)

Abstract

Simbol dan politik merupakan dua entitas yang tak dapat dipisahkan. Instrumen-insturmen yang digunakan dalam politik khususnya partai politik tidak terlepas dari symbol-simbol dengan pemaknaan yang disepakati sebagai makna yang melingkupi symbol yang dihadirkan. Simbol tampil dan hadir dengan sendirinya, tetapi dicitrakan menjadi entitas yang luar biasa sehingga mampu menjadi pemikat dalam  mencapai tujuan partai politik.

References

Alfian, M, 2009, Menjadi Pemimpin Politik; Perbincangan Kepemimpinan dan Kekuasaan, Gramedia, Jakarta.

Alwi, Hasan et.al, 2003, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Bandung.

Berger, Arthur Asa, 2005, Tanda-Tanda Dalam Kebudayaan Kontemporer: Suatu Pengantar Semiotika, Penerbit Ombak, Yogyakarta.

Chilote H,Ronald, 1981, Theories of Comparative Politics The Search for a Freedom, diterjemahkan Teori Perbandingan Politik, PT. RadjaGrafindo Persada, Jakarta.

Duverger, Maurice ,1993, The Study of Politics, diterjemahkan dengan judul Sosiologi Politik, PT. Radja Grafindo Persada, Jakarta.

Eisenring, Tommy, 2010, Konstruksi Sosial Arsitektur Atas Konsumtifisme (Studi Interaksionisme Simbolik pada Tiga Mal Perbelanjaan di Makassar, UNM, disertasi

Firmansyah, 2011, Mengelola Partai Politik: Komunikasi dan Positioning Idologi Politik di Era Demokrasi, Pustaka Obor Indonesia, Jakarta.

Gatara, AA Said dan Moh Dzulkiah Said, 2007, Sosiologi Politik, Konsep dan Dinamika Perkembangan Kajian, Pustaka Setia, Bandung. Geriya,I Wayan,balipost.co.id

Huntington, Samuel, 1995, Gelombang Demokratisasi Ketiga, Graffiti, Jakarta.

Johnson, Paul Doyle, 1986, Sociological Theory Classical Founders and the Contemporary Perspectives, diterjemahkan dengan judul Pengantar Sosiologi Klasik dan Modern, Jilid I & II PT.Gramedia, Jakarta.

Little Jhon, Stephen W, 2009, Theories of Human Comunication, Belmont; Wodsworth Publishing Company.

Lyotard, J.F, 1984, The Postmodern Condition A Report on Knowledge, Manchester University Press, Manchester.

Pahmi, 2010, Politik Pencitraan, Gaung Persada Press, Jakarta.

Piliang, Yasraf Amir, 2003, Hantu-Hantu Politik dan Matinya Sosial, Tiga Serangkai, Solo.

------------------------, 2004, Postrealitas: Realitas Kebudayaan dalam Era Post Metafisika, Jalasutra, Jakarta.

------------------------, 2011, Dunia Yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan, Matahari: Bandung.

Published
2015-06-24
How to Cite
Sastrawati, N. (2015). Simbolisme dalam Pencitraan Partai Politik. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 4(1), 168-177. https://doi.org/10.24252/ad.v4i1.1499
Abstract viewed = 1177 times