PENDIDIKAN ISLAM MELALUI KEMAHIRAN BERFIKIR MEMBENTUK MORAL DAN AKHLAKUL KARIMAH PELAJAR ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pendidikan yang sukses, yang membuat manusia mampu berfikir secara kritis dan keratif. Dan dengan menggunakan pikiran sebagai kekuatan yang mampu mengelaborasi, menganalisa, dan mempurmulasi berupa ide atau gagasan secara konstruktif. Sistem pendidikan yang baik adalah mampu mengedukasi dan memproduksi seseorang melalui ilmu pengetahuan, keterampilan, dan dapat menyelesaikan masalah, berlaku bijak, kreatif, dan mampu mengkritisi permasalahan. Dalam suatu masalah siswa dapat menghadirkan konsep baru dengan mengkritisi keadaan yang ada. Kemahiran berfikir untuk menyelesaikan masalah siswa, ini dapat di bentuk dari segala jenjang pendidikan (sekolah).References
Ab.Rahim bin Ahmad. (1985). Tanggapan Guru dalam Perancangan Pelaksanaan Kurikulum Sejarah.
Abdul Shukur Abdullah, 2000.Development of Learning and Thinking Society. Proceedings of The International Conference on Teaching and Learning 24-25 November 2000.
Al –Abrasyi, M. Athiyah” Dasar-dasar pokok Pendidikan Islam” Bulan –Bintang, Jakarta 1970.
Beyer, B.K. 1988. Practical strategies for the teaching of thunking. Boston: Allyn and Bacon Inc.
De Bono, R.E (1976). Teacher Thinking and Education. London: Penguin Books. Effendy, Ahmad Fuad “Metodologi pengajaran bahasa Arab” Misykat, Malang 2009.
Ennis, R.H. 1987. A Taxonomy of critical thinking dispositions and abilities. Dlm. J.B. Baron dan R.J. Stenberg (pnyt). Teaching Thinking Skills; Theory and Practice. Hlm 9-12. New York: W.H. Freeman and Company.
Harjanto, Drs. “Perencanaan pengajaran” Rineka cipta” Jakarta 2010.
Hassan Langgulung. 2002. Asas-asas Pendidikan Islam. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
Jalaluddin” Teologi Pendidikan“ P.T. Raja Grafindo “ Jakarta 2002.
Miller, D. 1998. Enhancing adolescent competence. Strategies for classroom management, Belmont, CA: Wadsworth Publishing Co.
Muhaimin, M.A.” Pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam” P.T. Raja grafindo, Jakarta 2005.
Md Yusoff Daud dan Azhar Abdul Halim. 2000. Multimedia dalam pengajaran dan pembelajaran di sekolah: satu keperluan. Seminar Prosiding Pendidikan Kebangsaan 2000, hlm. 229-241.
Norfawazah binti Togiman, 2002, Pelaksanaan Kemahiran Berfikir Kritis Dalam Pengajaran Guru-Guru Geografi Di Daerah Hilir Perak 4-5.
Syed Muhammad al-Nuquib Al-Attas. 1978. The concept of education on Islam. Kuala Lumpur: ABIM
Tsui, L. 1999. Courses and instruction affecting critical thinking. Research In Higher Education 40(2): 185-200.
Tajul Ariffin Noordin.1999. Pendidikan suatu pemikiran pemula. Dewan Bahasa dan Pustaka.
Vellutino, F.R., Fletcher, J.M., Snowing, M.J. & Scanlon, D.M. 2004. Specific reading disability (dyslexia): what have we learned in the past four decades? Journal of Child Psychology and Psychiatry 45 (1): 2-40.
The authors of a work hold the copyright and grant the Al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan the right of first publication. The work is also licensed under the Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0), which enables others to share the work while acknowledging the authorship and initial publication in the journal. The authors can make separate contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published version of the work, such as by posting it to an institutional repository or editing it for a book, with an acknowledgment of its initial publication in this journal. Authors are allowed and encouraged to post their work online, such as in institutional repositories or on their website, before and during the submission process. This can lead to productive exchanges and greater citation of the published work.