Module Design of Earth and Space Science Practicum Based on Generic Ability of Science V Semester Students of Physics Education Program
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian riset pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat validitas modul praktikum Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa berbasis kemampuan generik sains mahasiswa semester V program studi pendidikan fisika. Pengembangan modul praktikum Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa ini dilakukan menggunakan jenis model pengembangan ADDIE. Tahapan pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap Development (Pengembangan). Teknik pengumpulan data diperoleh dari 2 orang validator yang merupakan dosen Prodi Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini hanya menggunakan analisis kevalidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: modul praktikum Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa berbasis kemampuan generik sains yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata untuk semua aspek yaitu V=0,86. Secara keseluruhan nilai dikategorikan “Sangat Valid” (˃0,8), sehingga modul praktikum ilmu pengetahuan bumi dan antariksa berbasis kemampuan generik sains dinyatakan memenuhi kriteria kevalidan dan layak untuk diuji cobakan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]