PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HUMANISTIK DENGAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING DI MTsN 1 BOMBANA

  • Agus Akmal
    (ID)
  • Nurman Said
    (ID)
  • Muhammad Khalifah Mustami
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis humanistik dengan pendekatan active learning di MTs Negeri 1 Bombana; 2) mengetahui hasil pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis humanistik dengan pendekatan active learning di MTs Negeri 1 Bombana, 3) mengetahui kendala yang dihadap oleh siswa dan guru pada pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis humanistik dengan pendekatan pembelajaran aktif (active learning) di MTs Negeri 1 Bombana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah: pendekatan konstruktivisme, pendekatan saintifik, pendekatan realistik, dan pendekatan pedagogis. Adapun sumber data penelitian ini adalah: Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, dewan guru, dan peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan tiga tahap, yaitu: reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pembelajaran PAI humanistik dengan pendekatan active learning, harus melalui tiga tahapan yakni: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Untuk mengatasi berbagai kendala yang dihadapi, beberapa upaya yang yang harus dilakukan yakni melengkapi berbagai buku referensi atau buku penunjang pembelajaran, guru diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan workshop atau pelatihan, paling tidak sesering mungkin bertukar pikiran dengan guru terkait pembelajaran PAI humanistik dengan pendetan active learning. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran PAI humanistik dengan pendekatan active learning, perlu dikembangkan terutama terkait implementasi pola pembelajaran PAI yang humanis; 2) Metode Pembelajaran PAI dengan pendekatan active learning harus lebih variatif agar siswa tidak merasa merima pelajaran dengan metode yang monoton. 3) Hasil pembelajaran PAI humanistik dengan pendekatan active learning, harus terpenuhi tiga ranah pendidikan yakni: ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. 4) Partisipasi orang tua pada kegiatan proses pembelajaran hendaknya sejalan dengan program pembelajaran yang diterapkan di sekolah terutama dalam pembelajaran PAI agar program pembelajaran tercapai sesuai yang diinginkan.

References

Ary, Donald. et al. Pengantar penelitian pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 2006.

Basri, Agus. Pendidikan Islam sebagai Penggerak Pembaharuan. Cet. I; Bandung: PT. Al Ma’rif, 1984.

Dimyati, Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1999.

Echols, John M. dan Hassan Sadhily. Kamus Inggris Indonesia Jakarta: Gramedia, 1998.

Sahaka Emporium, Pendekatan Pembelajaran Humanistik, http://sahaka.multiply.com/journal/item/10/Pendekatan_Pembelajaran_Humanistik, (diakses tanggal 10 September 2017.

Esa, Burhanuddin, dan Nur Wahyuni. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Goble, Frank G. Mazhab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow, A. Supratiknya, Yogyakarta: Kanisius, 1987.

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Jainuri, Ahmad. “Membangun Karakter Pendidikan Muhammadiyah Yang Holistik, Edukasi. 1 April, 2010.

Rahmahana, Ratna Syifa. Psikolohi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan, El-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam (http://Journal.Uji.ac.id/), diakses 23 Maret 2012.

Soemanto, Wasty. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 1998.

Sugiharto, Bambang. Humanisme dan Humaniora, Ed. II: Bandung: Pustaka Matahari, 2013.

Sugiyono, Sudarwan. Metode Pnelitian pendidikan, Pendekatan Kualitatif, kuantitatif dan R & D. Cet. XIX. Bandung: Alfabeta, 2014.

Sukmadinata, Nana Saodah. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.

Susilo, Herawati dkk. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru Dan Calon Guru. ed. Setiyono Wahyudi, dkk, Malang: Bayumedia, 2008.

Zaini, Hisyam, dkk. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.

Zuhairini, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN Press. 2004.

Published
2018-11-25
How to Cite
Akmal, A., Said, N., & Mustami, M. K. (2018). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HUMANISTIK DENGAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING DI MTsN 1 BOMBANA. Jurnal Diskursus Islam, 6(3), 401-417. https://doi.org/10.24252/jdi.v6i3.6543
Section
Artikel
Abstract viewed = 3056 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>