HAKIKAT MATERI AKIDAH PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM SEKOLAH DASAR KELAS V

  • Elce Yohana Kodina
    (ID)
  • Bahaking Rama
    (ID)
  • Abd. Rahman Getteng
    (ID)
  • Nurman Said
    (ID)

Abstract

Tulisan akan mengelaborasi tentang hakikat materi akidah perspektif Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum Sekolah Dasar kelas V. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat library murni. Penelitian ini termasuk dalam kategori qualitative research dengan jenis penelitian deskriptif analitis. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah materi kurikulum Pendidikan Agama Islam, baik berupa tulisan (buku) maupun berupa lainnya (manuskrip, jurnal, makalah dan website) baik yang dikutip secara langsung maupun tidak langsung. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis dan psikologis. Data yang telah terkumpul diolah dengan memilah-milah ke dalam suatu konsep tertentu atau kategori dan atau tema tertentu. Kemudian hasil reduksi data di organisir ke dalam suatu bentuk tertentu, diklasifikasi, dirumuskan, dianalisis semuat data yang terkumpul, sehingga terbentuk rumusan konseptual secara utuh dan komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara historis, agama Nasrani (Kristen) dan Islam memiliki akar kenabian yang sama, yakni bersumber pada nabi Ibra>him. Kedua agama ini disebut sebagai agama Ibrahim. Secara konseptual agama Kristen dan Islam memiliki beberapa perbedaan, namun secara teologis kedua agama ini memiliki ciri khas yang sama yakni agama monotheis dan inti ajarannya mengajarkan kebaikan untuk meraih keselamatan dalam pengertian yang luas. Akidah adalah ajaran agama tentang keyakinan atau kepercayaan kepada Tuhan. Semua agama samawi mengajarkan tentang akidah sebagai dasar dan prinsip ketauhidan, sehingga sejak dini materi akidah diajarkan kepada peserta didik.

References

Abu Ja’far Ahmad Ibn Muhammad Ibn Salamah Ibn Salmah Ibn ‘Abd al-Malik Ibn Salmah Ibn Malik Ibn Sulayman Ibn Jawab Ibn al-Azdial-‘ahawi, Syarh al-Aqidah al-‘ahawiyyah, Cet. V; Bayr­t: al-Maktab al-Islam, 1399 H.

Asyqar, Umar Sulaiman al-, Dunia Malaikat Alih Bahasa Abu Miqdad Riyadh: International Islamic Publishing House, 2008.

Azzam, Abdul, al-Aqidah wa Atsaruha Fi Bina’ al-Jail, Cet. III; Maktabah ar-Risalah, t.t.

Banna, Hasan al, Majmu ‘at al-Rasail, Beirut: Muassasah al-Risalah, t.t.

Departemen Agama Republik Indonesia, Penyelenggara Penterjemah/ Penafsir al-Qur’an, Al-Qur’an Dan Terjemahnya, Madinah al-Munawwarah: Mujamma’ al-Malik Fahd li iba’at al-Mushaf al-Syarf, 1995/1415.

Djamaris, K. H. Zainal Arifin, Islam Aqidah & Syari’ah, ed. 1 Cet. 1; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.

Hamid, Syamsul Rijal, Buku Pintar Agama Islam Edisi Yang Disempurnakan, Cet. II; Bogor: LPKAI Cahaya Salam, 2008.

Hanafi, A., Theologi Islam, Cet. XV; Jakarta: al-Husna, 2002.

Ibn Katsir, ‘Imad al-Din Abi al-Fida’ Isma’il Ibn ‘Umar Ibn Karir al-Qurasyi al-Dimasyqi, Tafsir al-Qur’an al-Asim, juz IV, Cet. V; al-Kuwayt: Maktabah Dar al-Salim li al-Nasyr wa al-Tawzi’, 2001.

Jazairy, Abu Bakar Jabir Al-, Aqidat al-Mumin, Cet. II; Cairo: Maktabah al-Kulliyat al-Azhariyah, 1978.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya Bandung: Syaamil Cipta Media, 2014.

Ma’luf, Luis, Al-Munjid, Cet. XIII; Beirut:Dar al-Fikr, 1977.

Mannan, Audah, Akidah Islam, Makassar: Aulauddin University Press, 2012.

Mappanganro, Implementasi Pendidikan Islam di Sekolah, Cet. 1; Ujung Pandang: Yayasan Ahkam, 2000.

Marzuki, Ahmad, Peranan Akidah dalam Membina Manusia, Setareh: Yayasan Imam Ali a.s., 1999.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektikan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Cet. V; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Naisaburi, Fattal al-, Raudhatul Wa’idhin, Mansurat Ar-Radli, Qom.

Nasr, Seyyed Hossein, Islam; Religion, History and Civilization diterjemahkan oleh Koes Adiwdjajanto dengan judul Islam; Agama, Sejarah dan Peradaban, Cet. 1; Surabaya: Risalah Gusti, 2013.

Nasution, Harun, et. All, Ensiklopedia Islam, Jakarta: Djambatan, 2012.

Nasution, Harun, Teologi Islam, Aliran-aliran Sejarah Analisa Perbandingan, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1986.

Sabiq, Sayid, Al-‘Aqa>id Al-Islamiyyah, terj. Indonesia: Akidah Islam: Pola Hidup Manusia Beriman, Cet. XII; Bandung: Diponegoro, 2001.

, Al-Aqidat al-Islamiyah diterjemahkan oleh Abdai Rathomi dengan Judul “Aqidah Islam”, Bandung: Diponegoro, 1985.

Sabri, H. M. Alisuf, Ilmu Pendidikan, Cet. III; Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2009.

Shimogaki, Kazoo, Kiri Islam, Telaah Kritis antara Modernisme dan Postmodernisme, Yogyakarta: LKiS, 1994.

Suryana, A. Totok, Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi, Bandung: Tiga Mutiara, 1997.

Syaltut, Mahmud, al-Islam ‘Aqidatun wa Syari’atun, diterjemahkan oleh Abdurrahman Zain dengan judul “Aqidah dan Syari’ah”, Cet. 1; Jakarta: Bulan Bintang, 1976.

Syihab, Tgk. H. Z. A., Akidah Ahlus Sunnah, Cet. 1; Jakarta: Bumi Aksara, 1998.

Tanthawi, Syeikh Ali, Ta’rif ‘Amm bi Dinil Islam, Dar ar-Ra’di, 1977.

Zainuddin, A. dan M. Jamhari I: Akidah dan Ibadah, Bandung: Pustaka Setia, 1999.

Published
2016-12-30
How to Cite
Kodina, E. Y., Rama, B., Getteng, A. R., & Said, N. (2016). HAKIKAT MATERI AKIDAH PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM SEKOLAH DASAR KELAS V. Jurnal Diskursus Islam, 4(3), 523-551. https://doi.org/10.24252/jdi.v4i3.7399
Section
Artikel
Abstract viewed = 2183 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>