PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MTSN 2 BONE KABUPATEN BONE

  • Arisman Arisman
    (ID)
  • Abd. Rahman Getteng
    (ID)
  • Nuryamin Nuryamin
    (ID)

Abstract

Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian dan profesional guru terhadap motivasi belajar peserta didik MTsN 2 Bone? Pokok masalah tersebut kemudian dijabarkan ke dalam beberapa 3 sub masalah penelitian, yaitu: (1) Bagaimana kompetensi kepribadian guru MTsN 2 Bone? (2) Bagaimana motivasi belajar peserta didik MTsN 2 Bone? (3) Seberapa besar pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar peserta didik MTsN 2 Bone? Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Kompetensi kepribadian guru MTsN 2 Bone berada pada kategori sedang, dengan frekuensi 10 dan persentase 55% dengan nilai rata-rata 76,01 dari skor idel 80. (2) Motivasi belajar peserta didik MTsN 2 Bone berada pada kategori sedang, dengan frekuensi 54 dengan persentase 64,30% dengan nilai rata-rata 78,55 dari skor ideal 92. (3) Terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar 50.3%. Implikasi penelitian ini adalah bahwa kompetensi kepribadian guru lebih ditingkatkan lagi. Kompetensi kepribadian guru dapat terhadap motivasi belajar peserta didik di MTsN 2 Bone. Sebab seorang guru memegang kunci utama dalam menstimulus motivasi belajar peserta didik.

References

Anwar, Muhammad. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Kancana, 2018.

Azwar, Saifuddin. Penyusunan Skala Psikoligi. Cet. IV; Yogyakarta: Pusat Pelajar, 2013.

Dapertemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed. III; Cet. II; Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Dauly, Haidar Putra. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Prenada Media, 2004.

Djamarah, Syarif Bahri. Perestasi Belajar dan Kompetensi Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional, 2013.

Getteng, Abd. Rahman. Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika. Cet. VIII; Yogyakarta: Graha Guru, 2012.

Kementerian Agama RI. al-Qur’an dan Tafsirnya. Jilid 10. Cet. III; Jakarta: Dapartemen Agama RI, 2009.

Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Musfah, Jejen. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Peraktik. Cet. II; Jakarta: Kencana, 2012.

Pusat Bahasa Depertemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. I; Jakarta: Balai Pustaka, 2001.

Republik Indonesia. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Undang-Undang tentang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005. Cet. IX; Jakarta: Sinar Grafika, 2016.

Roochman, Chaerul dan Heri Gunawan. Pengembangan Kompetensi Keperibadian Guru; Menjadi Guru yang Dicintai dan Diteladani oleh Siswa. Cet. I; Bandung: Nuansa Cendikia, 2011.

Santrock, John W. Educational Psycology, diterjemahkan oleh Tri Wibowo BS, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2004.

Sommeng, Sudirman. Psikologi Umum dan Perkembangan. Makassar: Alauddin University Press, 2012.

Suprihatiningrum, Jamil. Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru. Cet. II; Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2014.

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Cet. X; Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Published
2018-11-25
How to Cite
Arisman, A., Getteng, A. R., & Nuryamin, N. (2018). PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MTSN 2 BONE KABUPATEN BONE. Jurnal Diskursus Islam, 6(3), 418-443. https://doi.org/10.24252/jdi.v6i3.6544
Section
Artikel
Abstract viewed = 2517 times

Most read articles by the same author(s)