PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT DAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 GALESONG SELATAN KAB. TAKALAR
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 3 Galesong Selatan yang berjumlah 213 siswa. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII. A sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen II. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah skala minat belajar siswa dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran card sort dan make a match di kelas VIII berjalan dengan baik. Rata-rata skor aktifitas guru dan siswa pada model pembelajaran card sort di kelas eksperimen I adalah 84,83% dan 85,66%. Sedangkan rata-rata skor aktifitas guru dan siswa pada penerapan model pembelajaran make a match di kelas ekperimen II adalah 88,16% dan 86. Hal ini memberikan makna bahwa penerapan model pembelajaran card sort dan make a match pada kelas VIII SMP Negeri III Galesong Selatan pada kategori baik.
References
Carl, Witherington. Psikologi Pendidikan, Terj. Dari Educational Psycology. Jakarta: Aksara Baru, 2009.
Cholis, Muhammad, dkk. Peranan Pendidikan Agama Islam, Malang: Masmedia Buana Pustaka, 2010.
Choumi, Zahrul F, dkk. “Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD dalam Pembelajaran IPS,” Pedagogi, 1, no. 1, (2014).
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2011.
Fakhrurrazi. “Penerapan Model Card sort dalam Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Belajar Siswa Bidang Studi Quran Hadits pada Siswa Mts Darul Huda Kota Langsa,” Al Ihktibar (Ilmu Pendidikan Dasar, 3, no. 2, (2016).
Faridli, Efi, Miftah. Model-Metode Pembelajaran Inovatif, Cet ke II. Bandung: Alfabeta, 2011.
Hidayati, Azkiyah. “Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card sort dan Motivasi Belajar dalam Mata Kuliah Keterampilan Bersastra Ke SD-an,” Jurnal Bahastra, vol 37 no 1 (2017).
Hisyam, Zaini, dkk. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD, 2004.
Huda, Miftakhul. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Keke, Aritonang. “Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Pendidikan Penabur, 7, no. 10 (Juni 2008).
Kurt, Singer. Membuina Hasrat Belajar di Sekolah. Bandung: CV. Remadja Karya, 2009.
Mahfudz, Khoirul. Pendidikan Multikultural Cet.III; Jakarta: Pustaka pelajar, 2009.
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Cet. III; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Mustika, Setia Ningrum dkk, “Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Card sort dengan Kombinasi Teknik Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MAN 2 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2012/2013” Jurnal pancaran, 2, No. 1 (2013).
Richard M. Grinnel, Peter A. Gabor Yonne A. Unrau, Program Evaluation for Social Workes: Foundation of Evidence-Based Program 7th Edition. New York: Oxford University Press, 2016.
Rusman. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Seirin, Wineka. Himpunan Peraturan dibidang Pendidikan, Cet. I; Jakarta: Jala Permata Aksara, 2010.
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, cet V; Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sriana, Westi. “Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang” Home Economic and Tourism 2, No. 1, (2013).
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Tim Penyusun dan Kamus dan Pengembangan Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2008.
Titi, Hardianti, dkk, “Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a match pada Topik Penanaman Senyawa dan Persamaan Reaksi,” Akad Kim 3, no. 4, (2014).
Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.
Zaini, Muhammad. Pengembangan Kurikulum, Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi. yogyakarta: Teras, 2009.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).