The Sistem Asistif bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus dalam Media Pembelajaran LENTERA di UIN Alauddin Makassar
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan merupakan hak bagi setiap individu. Hal ini sudah tercantum di dalam aturan undang-undang di negara kita. Tidak hanya mereka yang memiliki kondisi normal saja, tetapi juga bagi mereka yang memiliki keterbatasan. Terbatasnya kemampuan intelektual pada anak penderita tunarungu membawa masalah pada kesulitan mereka dalam mengikuti pelajaran akademik terutama di perguruan tinggi. Masalah utama yang alami oleh para-Dosen adalah masalah bahasa dalam hal fungsinya sebagai media komunikasi. Para Dosen susah menjelaskan kepada Mahasiswa penderita tunarungu tanpa menggunakan media penerjemah untuk membantu agar informasi dari Dosen sampai ke mahasiswa yang berkebutuhan khusus. Pada zaman sekarang di era perkembangan teknologi dan pasca pandemi Covid 19 dimana pembelajaran dilakukan secara Online maupun offline, hal ini menjadi masalah baru bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan dalam mengikuti pembelajaran oleh Dosen di kampus. Berdasarkan fakta yang ada, hampir semua perguruan tinggi menggunakan media pembelajaran daring terutama yang berada dalam naungan kementerian Agama. Keberadaan media pembelajaran ini menjadi alternatif dosen untuk melaksanakan salah satu tridarma nya dengan melakukan pembelajaran menggunakan bantuan LMS LENTERA. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan fasilitas dalam bentuk sistem asistif di aplikasi LMS LENTERA kepada mahasiswa yang menderita tunarungu-wicara dalam berkomunikasi dan menempuh pendidikan sehingga pendidikan bisa merata bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa diskriminasi satu sama lain. Hasil yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah aplikasi penerjemah bahasa isyarat yang tersinkron dengan media pembelajaran daring Lentera sehingga memudahkan dosen dalam menyampaikan kepada mahasiswa yang berkebutuhan khusus dan begitu pun dengan mahasiswa yang ingin menyampaikan pendapatnya kepada dosennya
Rincian Artikel
Each article is copyrighted © by its author(s) and is published under license from the author(s).
When a paper is accepted for publication, authors will be requested to agree with the Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 4.0 Netherlands License.