THE IMPLEMENTATION ANALYSIS OF ISMA’ WA TAKALLAM METHOD IN LEARNING SPEAKING SKILL FOR NON-ARABIC SPEAKERS AT MA’HAD MU’ALLIMIL QURAN, EGYPT

  • Tsara Aliya Salsabila Indonesian Education University
    (ID)
  • Maman Abdurrahman Indonesian Education University
    (ID)
  • Mohamad Zaka Al Farisi Indonesian Education University
    (ID)

Abstract

Abstract:

This research aimed to analyze the implementation and evaluation system of Arabic teaching using Isma 'wa Takallam method in improving Arabic speaking skill. The method used in this research was descriptive method with qualitative approach through observational research. The subjects were 2 students who participated in Sandwich program in Egypt. The study was conducted in Ma'had Mu'allimil Quran, Giza, Egypt. The instruments used were observation, interview, and documentation. The data obtained were analyzed using Miles and Huberman model. The results indicated that the process of teaching Arabic using this method through three stages, namely: (1) Nurul Bayan learning (learning the pronunciation of hijaiyyah, spelling Qur’an verses, and tajweed), (2) learning Arabic (basic rules, muhadatsah, reading Arabic texts, and Arabic poetry), and (3) practice speaking Arabic, both inside and outside the classroom. The evaluation system used was oral test conducted during the learning process and at the end of the program.

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan dan sistem evaluasi pembelajaran bahasa Arab dengan metode Isma’ wa Takallam dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui studi observasi.  Subjek penelitian ini adalah 2 mahasiswa yang berpartisipasi pada program Sandwich di Mesir. Penelitian dilakukan di Ma’had Mu’allimil Quran, Giza, Egypt. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan metode ini melalui tiga tahap, yaitu: (1) pembelajaran Nurul Bayan (pembelajaran pengucapan huruf-huruf hijaiyyah, mengeja Al-Qur’an, dan ilmu tajwid), (2) pembelajaran bahasa Arab (kaidah dasar, muhadatsah, membaca teks Arab, dan syair Arab), dan (3) praktik berbicara bahasa Arab, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Sistem evaluasi menggunakan tes lisan yang dilaksanakan pada saat proses pembelajaran berlangsung dan pada akhir pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, S. (2017). Developing Language Students’ Writing Skill by Applying InnovativeTeaching Strategy Model Based on Social and Local Wisdom Contexts. Journal of Arts & Humanities, 6(12), 1–6. https://doi.org/10.18533/journal.v6i12.1309.

Afroni, M. (2019). Metode Sam’iyah Safawiyah dalam Penbelajaran Bahasa Arab, 2(1).

https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/lahjah/article/view/382/304.

Al-Khuliy. (1986). Asaalibu Tadris Al-Lugah Al-‘Arabiyah. Muţabi’ Al-Farzadiq Litijaariyah.

Anshari, M. (2018). Akuisisi Bahasa Arab Pada Tatanan Gramatika dan Rasa Bahasa Bagi Pembelajar Non-Arab. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 1(1), 61–69. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v1i01.1192.

Arfina, E. (2016). Penerapan Metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyyah dalam Pembelajaran Maharah Al-Kalam Pada Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Wonosari Tahun Ajaran 2015-2016. Thesis. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: Handbook 1, Cognitive Domain. David McKay.

Chaer, A. (2009). Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Dawood, M. (2009). Ţariqah Isma’ Wa Takallam (Nażriyah fi Binaail Qudrah Al-Lugawiyah Liktisaabi Maharah Al-Kalam).

Habib, S. (2013). Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Pusat Kajian Ilmiah.

Harjanto. (2010). Perencanaan Pengajaran. Rineka Cipta.

Hermawan, A. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Remaja Rosdakarya.

Heryanto, F. (2016). Resume Kurikulum dan Pembelajaran.

Hidayat, S., & Ashiddiqi, A. (2018). Metode I’rab Al-Qur’an dan Konvensional Sebagai Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Non Arab di Ponpes Al-Madinah Boyolali. PROFETIKA, Jurnal Studi Islam, 19(2), 123–135. https://doi.org/10.23917/profetika.v19i2.8119.

Ibrahim, R., & Syaodih, N. (2010). Perencanaan Pengajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Iskandarwassid, & Sunendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lavi, S. (2015). Ta’lim Al-Lugah Al-‘Arabiyah Al-Mu’aşirah. ‘Aalimul Kitab.

Lutfiana, N. (2010). Aplikasi Metode Sam’iyah Syafawiyah dalam Pengajaran Kalam (Bahasa Arab) Siswa Kelas VIII di MTsN Ngemplak Sleman Yogyakarta. Thesis. Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mawaddah, R. (2012). Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Metode Sam’iyyah Syafawiyah Siswa Kelas VII dan VIII MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 (Sebuah Potret Pembelajaran Berbasis Psikologi Siswa). Thesis. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mufidah, N., & Zainudin, I. (2018). Metode Pembelajaran Al-Ashwat. Al Mahāra Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 199–218. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-03.

Mustofa, A. D. (2018). Penilaian Keterampilan Mendengarkan di SMPN 2 Cawas Klaten (Studi Kasus Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII Tahun 2017/2018). Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nashri. (2014). Maharah Al-Istima’: Dirasah fi Majaali Ta’lim Al-Lugah Al-‘Arabiyah li Gairi Naţiqiin. Thesis. Universitas Dokuz September.

Nurfika, L. (2016). Penerapan Metode Sam’iyyah Syafawiyyah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Pada Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar. Thesis. IAIN Tulungagung.

Ruswandi. (2011). The Teaching of Speaking in Big Class. Register Journal, 4(1), 65–88. https://doi.org/10.18326/rgt.v4i1.67-90.

Sa’id, T. (2009). Al-Fawaidah Al-Hasan Fii Syarhi Nurul Bayan.

Salam, Y. (2014). Peran Penutur Asli (Nathiq) Bahasa Arab dalam Meningkatkan Pemerolehan Keterampilan Berbicara Mahasiswa di STAIN Batusangkar.

Sauri, S. (2017). Kesantunan Berbahasa. Subang: Royyan Press.

Srimelisa, D., Thahar, H. E., & Arief, E. (2019). Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bayang Utara. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 53–61. https://doi.org/10.24036/103914-019883.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.

Sukirman, D. (2012). Pembelajaran Micro Teaching. Kemenag.

Ulya, N. M. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen PadaMAN1 Semarang). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1–25. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.1.867.

Viriya, C., & Sapsirin, S. (2014). Gender Differences In Language Learning Style and Language Learning Strategies. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 3(1), 77–88. https://doi.org/10.17509/ijal.v3i2.270.

Published
2020-06-30
How to Cite
Salsabila, T. A., Abdurrahman, M., & Al Farisi, M. Z. (2020). THE IMPLEMENTATION ANALYSIS OF ISMA’ WA TAKALLAM METHOD IN LEARNING SPEAKING SKILL FOR NON-ARABIC SPEAKERS AT MA’HAD MU’ALLIMIL QURAN, EGYPT. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(1), 69-85. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n1i7
Section
Vol. 23 No. 1
Abstract viewed = 501 times