THE CORRELATION OF THE LECTURERS’ TEACHING METHODS AND COMPETENCIES TO THE STUDENTS’ LEARNING ACHIEVEMENT

  • Mindani Mindani IAIN Bengkulu
    (ID)
  • Zulvia Trinova UIN Imam Bonjol Padang
    (ID)
  • Afni Lindra IAIN Bukittinggi
    (ID)
  • Alimir Alimir IAIN Bukittinggi
    (ID)

Abstract

Abstract:

The lecturers' teaching methods and competencies vary at IAIN Bukittinggi so that it is important to know the correlation of the lecturers’ teaching methods and competencies to the students’ learning achievement at IAIN Bukittinggi. The method used of this research was quantitative method with ex post facto design. This research involved all lecturers and students of IAIN Bukittinggi as population and the sample was consisted of 40 people. The instrument used to collect the data was closed-questionnaire. The data were processed by scoring and inferential analyzing. The finding indicated that most of the lecturers at IAIN Bukittinggi applied lecture, question-answer, discussion, assignment, and problem solving methods. It was also found that the correlation of the lecturers’ teaching methods and competencies to the students’ achievement was only 2.8%. Therefore, there was low correlation of the lecturers’ teaching methods and competencies to the students’ achievement in IAIN Bukittinggi.

Abstrak:

Metode dan kompetensi mengajar dosen bervariasi di IAIN Bukittinggi sehingga penting untuk mengetahui hubungan antara metode pengajaran dan kompetensi dosen dengan prestasi belajar mahasiswa di IAIN Bukittinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain ex post facto. Penelitian ini melibatkan semua dosen dan mahasiswa IAIN Bukittinggi sebagai populasi dan sampel terdiri dari 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner tertutup. Data diproses dengan penilaian dan analisis inferensial. Temuan menunjukkan bahwa sebagian besar dosen di IAIN Bukittinggi menerapkan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, dan pemecahan masalah. Ditemukan juga bahwa korelasi antara metode pengajaran dan kompetensi dosen dengan prestasi belajar siswa hanya 2,8%. Oleh karena itu, ada korelasi yang rendah antara metode pengajaran dan kompetensi dosen dengan prestasi siswa di IAIN Bukittinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiyana, N., Risal, M. I., & Amelia, R. (2019). Metode Tanya Jawab dan Penerapannya dalam Materi Sejarah Kebudayaa Islam. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2186.

Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’an, 10(2), 119–131. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsq/article/view/4441.

Amin, A. (2015). Metode dan Pembelajaran Agama Islam. Bengkulu: IAIN Bengkulu Press.

Amin, M. & Ahmad. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Permintaan dan Penawaran Melalui Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Di Kelas X SMA Negeri 1 Samalanga. Sains Ekonomi dan Edukasi, III(2). http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jsee/article/view/267.

Anas, M. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran. https://books.google.co.id/books?id=o7b5AwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false.

Andiasari, L. (2015). Penggunaan Model Inquiry dengan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA di SMPN 10 Probolinggo. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 15–20. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jkpp/article/view/2186.

Astuti, H., Martini, K., & Yamtinah, S. (2013). Efektivitas Penggunaan Media TTS Dan Kartu Soal di Dalam Metode Diskusi pada Materi Koloid Kelas XI Semester Genap SMAN Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 2(1), 85–91.

Cranton, P. (2002). Teaching for transformation. New Directions for Adult and Continuing Education, 93, 63–72.

Djamas, N. (2005). Strategi Peningkatan Mutu Dosen PTAI Pendidikan Tinggi Agama Islam. Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Endriani, A. (2016). Pengaruh Teknik SosiodarmaTerhadap Kepercayaan Diri Siswa MA Nurul Ishlah NW Beleka Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(1), 77–87. file:///C:/Users/PC/Downloads/Documents/604-1146-1-SM.pdf.

Fajarwati, S. (2016). Media Pembelajaran Animasi SWISHMAX sebagai Alternatif untuk Siswa SD yang Berkesulitan Belajar pada Materi Bangun Ruang. Probisnis, 9(1), 38–51.

Gilboy, M. B., Heinerichs, S., & Pazzaglia, G. (2015). Enhancing Student Engagement Using The Flipped Classroom. Journal of Nutrition Education and Behavior, 47(1), 109–114. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jneb.2014.08.008.

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamid, A. (2019). Berbagai Metode Mengajar bagi Guru dalam Proses Pembelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 1–16.

Handayani, N. D. (2018). Pengaruh Metode Simulasi terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi dan Bisnis Kompetensi Dasar Menghitung Biaya Produksi di Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Swasta Nasional Bandung Tahun Ajaran 2017/2018). UNPAS.

Handayani, T. (2011). Membangun Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Kualitas Dalam Proses Belajar Mengajar. Ta’dib, 16(02), 273–302. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/tjie.v16i02.64

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584.

Ikhwan, A. (2017). Metode Simulasi Pembelajaran dalam Perspektif Islam. ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1–34. https://doi.org/10.24269/ijpi.v2i2.623.

Kolesnikova, I. V. (2016). Combined Teaching Method : An Experimental Study. World Journal of Education, 6(6), 51–59. https://doi.org/10.5430/wje.v6n6p51.

Lestari, E. C., Hobri, H., & Kristiana, A. I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII A Semester Genap SMP Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2. Kadikma, 6(2). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/1987.

Mutia, I., Muhamad, F., & Rahman, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Basedlearning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Materi Persamaan Kuadrat Kelas X MA-Ikhlas Beramal Kecamatan Tanah Pinoh Kabupaten Melawi. IKIP PGRI Pontianak.

Nurdin, M. (2016). Penerapan metode debat aktif untuk meningkatkan kemampuan berdiskusi mahasiswa dalam pembelajaran Konsep Dasar PKn di PGSD UPP Bone FIP UNM. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/publikan.v6i1.1784.

Nurhasanah, H. (2017). Peningkatan kemampuan Bina Diri Toilet Training Anak Autis melalui Metode Latihan (Drill) di Pusat Layanan Autis Yogyakarta. Widia Ortodidaktika, 6(2), 149–158. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/view/6886.

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1308–1314. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i10.10062.

Padmowihardjo, S. (2014). Psikologi Belajar Mengajar. Repository.Ut.Ac.Id.

Piona, Y. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis dengan Menggunakan Metode Proyek di MI Ismaria Al-Qur’anniyah Rajabasa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. UIN Raden Intan Lampung.

Qomariyah, O. N. (2019). Metode Project Based Learning (PJBL) pada Materi Trigonometri. Seminar Nasional Pendidikan, 407–415. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/semnasdik2015/article/view/252.

Sartika, S. B. (2012). Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen sebagai Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Terhadap Prestasi. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(2), 189–212.

Siregar, E. A. (2014). Meningkatkan Keterampilan Bertanya dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran PKN Siswa Kelas IV SD. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v1i1.1299

Sitompul, D. N. (2015). Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role-Playing terhadap Perilaku Solidaritas Siswa dalam Menolong Teman. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(01). https://doi.org/10.30596/edutech.v1i01.265.

Sugiyanto, R. (2009). Penerapan Metode Bertanya dalam Kegiatan Praktek Lapangan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Mahasiswa. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan Dan Profesi Kegeografian, 6(2), 80–90. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jg.v6i2.94.

Suparya, I. K. (2016). Penerapan Model Problem Base Learning Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. JEPUN: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1), 69–83. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/Jepun/article/view/81.

Suridah, S., Fajar, D., Fahrurrozi, F., Anggraeni, R., Ulfa, R., & Sonia, S. (2020). Pelaksanaan Metode Karyawisata dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Taman Kanak-Kanak. Al-TA’DIB, 12(2), 294–305. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1341.

Turney, C. (1973). Sidney Micro Skill Hand Book Series 1-5. Sydney University.

Ulfhanny, M. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau Berdasarkan Kemampuan Awal Siswa Sekolah Menengah Pertama di Pekanbaru. Thesis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Wahidin, U. (2017). Interaksi Komunikasi Berbasis Media Pembelajaran dalam Proses Belajar-Mengajar. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 4(07), 197. https://doi.org/10.30868/ei.v4i07.63.

Wati, N. N. K. (2020). Implementasi Metode Demonstrasi Berbantuan Google Classroom Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Kelas A Prodi PGSD. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 29–37. file:///C:/Users/PC/Downloads/525-961-1-SM.pdf.

Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Repository.Ut.Ac.Id.

Wiranty, W., & Mastuti, D. L. (2018). Upaya Peningkatan Keaktifan Mahasiswa dalam Pembelajaran melalui Metode Presentasi Kelas Tahun Akademik 2016/2017 Semester Genap. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 129–142. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/bahasa.v7i1.832.

Yulianti, H., Iwan, C. D., & Millah, S. (2018). Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(2), 197. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i2.297.

Published
2020-06-30
How to Cite
Mindani, M., Trinova, Z., Lindra, A., & Alimir, A. (2020). THE CORRELATION OF THE LECTURERS’ TEACHING METHODS AND COMPETENCIES TO THE STUDENTS’ LEARNING ACHIEVEMENT. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(1), 53-68. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n1i6
Section
Vol. 23 No. 1
Abstract viewed = 445 times