TEACHER-PARENT COMMUNICATION PATTERNS ON THE STUDENTS’ CHARACTER BUILDING IN MTSN 1 BONE

  • Mustika Abidin Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)
  • Musdalifa Gaffar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstract:

This research aims at finding the teacher-parent communication patterns on the students’ character building in MTsN 1 Bone. This research type is descriptive qualitative research which applied sociological approach. The data sources are the teachers of grade VII moral religion and the parents of 6 students. The methods of the data collection used are observation, interview, and documentation. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The research results show that there are three teacher-parent communication patterns namely by using or applying verbal communication, non-verbal communication, and interpersonal communication. With those communication patterns, it is expected that it can help in the students’ character building and support the formal and informal education processes.

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola komunikasi guru dengan orang tua dalam pembentukan karakter siswa di MTsN 1 Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan sosiologis. Sumber data adalah guru akidah akhlak kelas VII dan orang tua siswa sebanyak 6 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga pola komunikasi guru dengan orang tua yaitu dengan menggunakan atau menerapkan komunikasi secara verbal, komunikasi non-verbal, dan komunikasi antar pribadi. Dengan adanya pola komunikasi ini diharapkan dapat membantu dalam pembentukan karakter siswa dan menunjang proses pendidikan formal dan pendidikan informal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bagus, A. A. G., & Dewi, E. (2018). Pola Komunikasi Guru dan Murid dalam Proses Pembentukan Karakter Anak di PAUD Pancaran Berkat Baturiti Tabanan Bali. Jurnal Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dwijendra, 30–40. http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/ilkom/article/view/632.

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayatulloh, R. A. (2018). Pola Komunikasi Antarpribadi antara Guru dan Murid Pada Proses Pembentukan Karakter Budaya Sunda Sejak Remaja Awal di SMP YAS Kota Bandung. https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/797/jbptunikompp-gdl-rizkyachma-39812-9-unikom_4-i.pdf.

Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(2), 83–98. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/view/6618.

Lickona, T. T. J. A. W. (2012). Education for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksra.

Nafrion. (2016). Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Nata, A. (2014). Sosiologi Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Pawif, M. Y. (2010). Komunikasi Instruksional Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Pratama, L. R., & Priyantoro, D. E. (2017). Urgensi Pengembangan Bahasa Verbal dan Non Verbal Anak Usia Dini. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 2, 245–256. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/74/76.

Sandi, A., Abdullah, M. Z., & Ridwan, H. (2017). Pola Komunikasi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa di SMK Negeri 1 Kendari. Jurnal Ilmu Kamunikasi UHO, 2(1), 1–14. http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/1875/1316.

Solihin, O. (2015). Makna Komunikasi Non Verbal dalam Tradisi Sarungan di Pondok Pesantren Tradisional di Kota Bandung. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM, 4, 1–12. https://repository.unikom.ac.id/30689/.

Soyomukti, N. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suranto. (2010). Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zulqarnaen, W. (2016). Komunikasi Antarpribadi Ustadz dan Santri dalam Pembentukan Karakter Santri. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Zurna, H. P., Fatmariza, & Isnarmi. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Komunikasi Verbal di Sekolah Dasar. Journal of Civic Education, 1(2), 189–196. https://doi.org/10.24036/jce.v1i2.182.

Published
2020-12-29
How to Cite
Abidin, M., & Gaffar, M. (2020). TEACHER-PARENT COMMUNICATION PATTERNS ON THE STUDENTS’ CHARACTER BUILDING IN MTSN 1 BONE. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 285-294. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i8.
Section
Vol. 23 No. 2
Abstract viewed = 346 times