PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini membahas tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pada pokok bahasan persamaan linear dua variabel. Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pada pokok bahasan persamaan linear dua variabel kelas VIII MTsN 1 Makassar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yaitu pengembangan perangkat pembelajaran yang terdiri atas: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Peserta didik, Lembar Kerja Peserta Didik, dan Tes Hasil Belajar. Model pengembangan perangkat yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah dan mengacu pada model Plomp yang terdiri dari tahapan pengkajian awal (preliminary investigation), perancangan (design), realisasi/kontruksi (realization/ construction), tes, evaluasi, dan revisi (test, evaluation, and revision), dan implementasi (implementation). Pada penelitian ini dilakukan secara terbatas di kelas VIII MTsN 1 Makassar. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian validator, sedangkan hasil yang diperoleh pada uji coba terbatas yaitu: pertama, perangkat pembelajaran sudah praktis, tetapi masih ada beberapa saran pengamat yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kepraktisan perangkat, kedua, perangkat pembelajaran sudah efektif, karena ketuntasan hasil belajar telah tercapai dan aktivitas peserta didik sudah sesuai yang diharapkan, kemampuan guru mengelola pembelajaran sudah dalam kategori tinggi dan respons peserta didik sudah dalam kategori positif.
Abstract:
This research discussed about the development of problem-based mathematics learning tools on the subject of two linear equations. This research aimed to produce a valid, practical, and effective problem-based mathematics learning tools on the subject of linear equations of two variables of class VIII MTsN 1 Makassar. The type of this research was research and development, which is development of learning tools consist of lesson plan, text book, student work sheet, and learning test. This research used problem-based learning as a device of development model and the Plomp model consisting of preliminary investigation, design, realization/construction, evaluation and revision, and implementation. This research conducted in a limited class VIII MTsN 1 Makassar. Valid quality and learning tools fulfilled valid criteria based on assesment by two validators. While results obtained in the limited trial are: (1) learning tools are practical, but there were still some observers’ suggestions need to be considered to improve the practicality of device, (2) learning tools have been effective because the master criterion of learning has been achieved, student activity were as expected, the ability of teachers to manage the learning has achievedi the high category and students’ response were in the positive category.
Downloads
References
Abrar, A. I. P. (2016). Pembelajaran Berdasarkan Masalah Suatu Upaya untuk Mengembangkan Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematik Siswa. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 4(1), 1-10.
Insani, K. F., Suharto, & Indah, A. K. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk siswa SMP Kelas VIII Pada Pokok Bahasan sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Kadikma, 5(3), 127-136.
Munawarah, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(2), 168-186.
Nurhidayati, S., Tayeb, T., & Abbas, B. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran Pada Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII MTsN Model Makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(2), 236-250.
Siswono, D. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
UU Sistem Pendidikan Nasional. (2011). Jakarta: Sinar Grafika.
Tatang, H. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist, 1(1), 3.
Copyright (c) 2018 Syamsir Syamsir, Andi Halimah, Andi Ika Prasasti Abrar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).