PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANALISIS KOMPONEN UTAMA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN SHINY R

  • Asmarianti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Wahidah Alwi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Adnan Sauddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengembangan media pembelajaran analisis komponen utama berbasis web menggunakan shiny R. Media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efisiensi belajar yaitu media yang berbasis web, salah satunya Shiny R. Shiny R adalah sebuah package bahasa pemrograman R yang dapat membangun aplikasi berbasis website menggunakan paket Shiny Web Framework yang merupakan pengembangan dari R studio Server. Salah satu teknik atau metode yang digunakan adalah Principal Component Analysis (PCA). Data yang digunakan dalam penelitian menggunakan data mtcars bawaan pada R Studio yang berisi tentang spesifikasi kendaraan tahun 1970. Adapun hasil pada penelitian ini yaitu pembuatan aplikasi berhasil menjalankan analisis menggunakan PCA dengan sampel dataset mtcars.

Author Biography

Wahidah Alwi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Program Studi Matematika

References

[1] Dunteman, George H. 1989. Principal Components Analysis. (Sage University Papers series: Quantitative Applications in
the social sciences, No 07-069, Newbury Park, London, New Delhi).
[2] Nasution, Muhammad Zulfahmi. 2019. Penerapan Principal Component Analysis (Pca) Dalam Penentuan Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus: Smk Raksana 2 Medan). (Jurnal Teknologi Informasi, Vol.3, No.1).
[3] Nugroho, Sigit. 2008. Statistik Multivariat Terapan. Bengkulu: UNIB Press.
[4] Rhamadhani, Muhd Humam. 2022. Pengembangan Aplikasi Berbasis Web dengan R Shiny untuk Analisis Data Menggunakan Algoritma PCA. (Journal Automata, Vol 3, No 1).
[5] Maisarah dkk. 2021. Pengembangan Aplikasi Web Interaktif Menggunakan Rshiny Untuk Analisis Statistik Nonparametrik. (Buletin Ilmiah Math. Stat. dan Terapannya (Bimaster) Volume 10, No.3).
[6] Tirta, I Made. 2014. Pengembangan E-Modul Statistika Terintegrasi dan Dinamik dengan R-shiny dan mathJax. (Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, 19 November 2014).
[7] Pendi. 2021. Analisis Regresi Dengan Metode Komponen Utama Dalam Mengatasi Masalah Multikolinearitas. (Buletin Ilmiah Math. Stat. dan Terapannya (Bimaster), Volume 10, No. 1, 2021).
[8] Shiny, Retrieved Juny 8, 2021, from Shiny from R Studio: https://shiny.rstudio.com/.
Published
2022-12-07
How to Cite
[1]
Asmarianti, W. Alwi, and Adnan Sauddin, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANALISIS KOMPONEN UTAMA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN SHINY R”, MSA, vol. 10, no. 2, pp. 63-72, Dec. 2022.
Abstract viewed = 407 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2