TELAAH SIYASAH SYAR’IYYAH TERHADAP EKSISTENSI PEREMPUAN DALAM KONTESTASI POLITIK

  • A. Heldalina Sulaiman Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Tenri Padang Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana eksistensi perempuan dalam kontestasi politik dari perspektif siyasah syar’iyyah. Teknik penulisan yang digunakan adalah teknik kualitatif. Keterlibatan perempuan dalam konstetasi politik masih sangat minim dengan pelbagai kendala. Padahal secara regulatif kuota 30% telah diatur dalam Undang-Undang Pemilu, tetapi faktanya jumlah perempuan pada lembaga-lembaga elektoral masih jauh dari persentase yang telah ditetapkan. Ketentuan keterwakilan 30% perempuan hanya menjadi ketentuan normatif yang diimplementasikan secara formalitas oleh partai politik dalam proses pencalonan untuk memenuhi kewajiban yang telah ditentukan oleh peraturan perundang-undangan.

Kata Kunci: Keterwakilan; Perempuan; Politik

Referensi

Buku

Azhar, Muhammad, Filsafat Politik: Perbandingan Islam dan Barat, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996).

Mernisi, Fatimah, Wanita dan Politik di dalam Islam, (Bandung: Pustaka, 1994).

Muhammad, Abu Zahrah, Mazhab Politik dan Aqidah dalam Islam, (Jakarta, Logos, 1996).

Rahmiati, Terampil Menulis Karya Ilmiah, (Makassar: Alauddin University Press, 2012).

Sastrawati, Nila, Laki-laki dan Perempuan identitas yang berbeda: Analisis Gender dan Politik perspektif Post-Feminisme, (Makassar: Alauddin University Press, 2018).

Qardhawy, Yusuf, Fiqh Daulah dalam Perspektif Al-Qur’an dan Sunnah, (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 1997).

Jurnal

Ardiansa, Dirga, Menghadirkan Kepentingan Perempuan dalam Representasi Politik di Indonesia, Jurnal Politik, Volume 2 Nomor 1 (Agustus, 2016).

Arianto, Reski dan Kurniati, Exploitasi Tubuh Penyanyi Organ Tunggal Perspektif Hukum Islam, Siyasatuna, Volume 2 Nomor 1 (Januari, 2020).

Asrianti dan Khalik Subehan, Peran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Soppeng Dalam Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama, Siyasatuna, Volume 2 Nomor 3 (September, 2020).

Basri, Halimah, Kesaksian Perempuan Dalam Kontrak Keuangan Dalam Kitab-Kitab Tafsir, al-Daulah, Volume 7 Nomor 2 (Desember, 2018).

Hasbullah, Mardiana dan M. Gazali Suyuti, Pelaksanaan Mutasi Jabatan Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Takalar, Siyasatuna, Volume 2 Nomor 2 (Mei, 2020).

Ilyas, Islamiah dan M. Gazali Suyuti, Hak Politik Penyandang Disabilitas Mental Dalam Pemilihan Umum (Studi di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gowa), Siyasatuna, Volume 3 Nomor 1 (Januari, 2021).

Jafar, Usman, Pilkada dan Konflik Horizontal (Telaah atas Pemilukada di Kota Makassar), al-Daulah, Volume 7 Nomor 2 (Desember, 2018).

Jusanita dan Rahmiati, Pencegahan Pernikahan Dini Oleh Organisasi Kepemimpinan Perempuan Muda, Siyasatuna, Volume 2 Nomor 2 (Mei, 2020).

Mustafa, Zulhas’ari, Determinasi Al-Ahkam Al-Syar’iyyah Dalam Tradisi Hukum Islam, al-Daulah, Volume 1 Nomor 2 (Juni, 2013).

Sastrawati, Nila, Relasi Gender Dalam Pengambilan Kebijakan Strategis Partai Pada Partai Islam, al-Daulah, Volume 1 Nomor 2 (Juni, 2013).

Widjaja, Abdi, Sejarah Kedudukan Hukum Islam Dalam Konstitusi-konstitusi Indonesia (Sistem Kenegaraan di Indonesia), al-Daulah, Volume 7 Nomor 2 (Desember, 2018).

Umar, Kusnadi, Pasal Imunitas Undang-Undang ‘Corona’dan Kewenangan Badan Pemeriksa Keuangan dalam Menetapkan Kerugian Negaran, El-Iqthisadi, Volume 2 Nomor 1 (Juni, 2020).

Skripsi/Tesis/Disertasi

Prahmadhani Tirta Dian, Persepsi Wanita Dewasa Dini Pengguna Produk Skin Care Tentang Kecantikan, (Skripsi: Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 2007).

Puyu, Darsul S, Kritik dan Analisis Hadits-Hadits yang di Klaim Misogini (Upaya Meluruskan Pemahaman Hadits yang Bias Gender), (Disertasi: UIN Alauddin Makassar, Makassar, 2012).

Diterbitkan
2021-05-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 174 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##