PENYELENGGARAAN PERIZINAN MELALUI ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) PADA DPM-PTSP KABUPATEN GOWA PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYAH

  • Moh. Ramlan Wijaya Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Chaerul Risal Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Online Single Submission;Perizinan;Siyasah Syar’iyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penggunaan sistem Online Singgle Submission (OSS) dan dampak bagi masyarakat berdasarkan perspektif Siyasah Syariah pada Dinas Penenaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kabupaten Gowa, adapun permasalahan yang diangkat ialah mekanismen perizinan melalui sistem Online Singgle Submission (OSS) dan dampak yang diterima oleh masyarakat dilihat dari sudut pandang Siyasah Syar’iah. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian normative syar’I dan yuridis normatif, jenis penelitian deskriktif kualitatif, lokasi penelitian di DPM-PTSP Kab. Gowa, sumber data sekunder berupa literature seperti jurnal, buku skripsi serta data primer berupa wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik dan pengolahan yang digunakan display, editing,  reduksi, analiis dan kesimpulan. Temuan yang diperoleh ialah, Penyelenggaraan perizinan melalui sistem OSS pada PTSP Kab. Gowa munjukkan dampak positif bagi masyarakat, baik dari segi prosedur penggunaan sistem maupun keuntungan yang diperoleh oleh masyarakat dengan sistem tersebut menggabarkan bahwa telah berjalan dengan baik sesuai dengan prinsip pelayanan tentang keserhanaan dan kemudahan, dengan demikian bahwa hal tersebut sesuai dengan apa yang terkandung dalam beberapa konsep Siyasah Syar’iyah yaitu maslahah mursalah dan maslahah al-‘ammah tentang pembentukan kebijakan pemerintah harus memberikan maslahat bagi seluruh masyarakat

Referensi

Buku

HR, Ridwan. Hukum Administrasi Negara. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2017).

Huda, Ni’matul. Hukum Tata Negara Indonesia. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2006.

Narbuko, Chalid dan Achmadi. Metodologi Penelitian. (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007).

Rachmat Syafe’I. Ilmu Ushul Fikih. (Bandung: Pustaka Setia, 2010).

Jurnal

Baharuddin. “Analisis Yuridis Refolusi Konflik Hubungan Industrial di Kabupaten Luwu.” Jurnal al-Daulah Volume 6, Nomor 1 (Juni 2017).

Irawan, Made. “Hubungan Desentralisasi Pemberian Persetujuan dan Peizinan Penanaman Modal dengan Otonomi Daerah” Jurnal Ilmu Hukum, volume 5 nomor 4 (Oktober 2017).

Khairani Dkk. “Implementasi Kebijakan Sistem Perizinan Online Singgle Submission (OSS) dalam elayanan Publik Di DInas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Muaro Jambi.” Journal Of Government Studies Volume 1 Nomor 1 (Juni 2022).

Kusnadi, Iwan Hendri dan Muh. Rifqi Baihaki. “Implementasi Kebijakan Sistem Online Singgle Submission (OSS) Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Saru Pintu (DPMPTSP) di KAbupaten Subang.” Jurnal Word Of Public Admistration Journal Volume 2 Nomor 2 (Desember 2020).

Megawati dan Rahmawati. “Efektivitas Pelayanan Terpadu dalam Perizinan Mendirikan Bangunan Guna Mewujudkan Kualitas Pelayanan Publik di Kabupaten Sinjai” Jurnal Siyasatuna, Volume 1 Nomor 1, (November 2019).

Musyafa’ah, Nur Lailatul dan Arif Wijaya. “Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Di kabupaten Lamongan Dalam Persfektif Fikih Siyasah, Volume 10, no 2 (2020).

Mutmainna dan Sabri Samin. “Peran Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Pengadilan Negeri Takalar dalam Mewujudkan Pelayanan yang Sederhana, Cepat dan Murah” Jurnal Siyasatuna, Volume 3 Nomor 1 (2021).

Nuriyanto. “Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia, Sudahkah Berlandaskan Konsep “Welfare State”?”. Jurnal Konstitusi, Volume 11 Nomor 3, (September 2014).

Polli, Christian D. “Strategi Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Dalam Mempromosikan Potensi Investasi Di Kabupaten Minahasa Selatan.” Jurnal Governance Volume 1 Nomor 1 (2021).

Riani, Ni Ketut. “Strategi Peningkatan Pelayanan Publik”, Jurnal Inovasi Penelitian, Volume 1 Nomor 11, (April 2021).

Robby, Uchaimid Biridlo’I dan Wiwin Tarmini. “inovasi Pelayanan Perizinan Melalui Online Singgle Submission (OSS): Studi Pada Izin Usaha Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi”, Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, Volume 10 Nomor 2, (2019).

Syafrial dkk. “Efektivitas Online Single Submission (OSS) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Jambi” Jurnal Tanah Pilih, Volume 1 Nomor 1 (Oktober 2021).

Tantri, Novia Ayu dan Arrie Budhiarthie. “Upaya Peningkatan Pelayanan Perizinan Melalui Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada Dinas Penanaman Modal Kota Jambi.” Jurnal Of Admistration Of Law Volume 2 Nomor 2 (Juni 2021).

Warjiyati, Sri. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penerapan Good Govermance Dalam Pelayanan Publik”, Jurnal Hukum Islam, Volume 18 Nomor 1, (Juni 2018).

Skripsi/Tesis/Disertasi

Diyart, Agus. Pelayanan Kesehatan Dari Perspektif Participatory Govermence (Studi Kasus tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pelayan Dasar Kesehatan Kota Surabaya. (Disertasi: Universitas Brawijaya Malang Fakultas Ilmu Admitistrasi, Malang 2012).

Peraturan

Republik Indonesia, Undang-Undang RI Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko.

Republi Indonesia, Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko.

Wawancara

Baharuddin, Pelaku Usaha, Wawancara, 22 Agustus 2022.

Hasan, Zulkifli Pelaku Usaha, Wawancara, Gowa 22 Agustus 2022.

Marani, M. Rizal Pegawai Dinas PTSP Kab. Gowa, Wawancara, 22 Agustus 2022.

Nawawsi, Mukhlis Kabid Penyelenggaraan Perizinan dan Non Perizinan, Wawancara, 24 Agustus 2022.

Diterbitkan
2024-05-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 6 times