KONSEP NEGARA IDEAL PERSPEKTIF ABU A’LA AL-MAUDUDI

  • Akmal Hukum Tatanegara
    (ID)
  • Usman Djafar Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Al-Maududi, Konsep Pemerintahan, Islam

Abstrak

Abu A'la al - Maududi adalah seorang pembicara ulung dan penulis yang sangat produktif, khususnya di bidang agama. Dalam kaitan ini penting untuk selalu mencermati pandangan Abu A'la terkait dengan politik, negara, dan Islam. Tidak jauh berbeda dengan pemikir lainnya. Abu A'la adalah seorang pemikir besar Islam yang sangat terkenal di dunia Islam. Pakistan, lebih dari negara Islam mana pun, menghadapi masalah yang lebih menarik dalam perjuangannya untuk mendapatkan identitas Islamnya. Sejak berdirinya negara Islam pada tahun 1947, bangsa Pakistan berusaha menunjukkan pentingnya keberadaannya. Dan buah pilihan pertama menghadirkan dua jenis negara Islam modern yakni Maulana Abu A'la Maududi , seorang pendiri organisasi politik ( Jama'ati Islam) mengusulkan bentuk negara teokratis yang lebih tradisional, sedangkan Fazlur Rahman seorang profesor studi Islam dari Universitas Cambridge yang juga direktur Dewan Studi Islam yang mendapat dukungan dari pemerintah, memberikan gambaran tentang negara Islam yang lebih modern berdasarkan kedaulatan rakyat.

Referensi

Jurnal

Akbar, Hairul dan Nila Sastrawati. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Konvensi Internasional Penghapusan Segala Bentuk Deskriminasi Terhadap Perempuan.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 2, no. 3 (2021).

Akmal, Muh. Khairul dkk. “Sistem Berperkara Melalui E-Court di Pengadilan Negeri Sungguminasa Perspektif Siyasah Dusturiyah.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 3, no.2 (2022).

Hairul Akbar dan Nila Sastrawati. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Konvensi Internasional Penghapusan Segala Bentuk Deskriminasi Terhadap Perempuan.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 2, no. 3 (2021).

Jafar, Usman. “Negara dalam Pemikiran Politik.” Jurnal al-Hikmah 12, no.1 (2011).

Mustafa, Adriana. "Implementasi antara Legislatif dan Eksekutif dalam Pembentukan Peraturan Daerah yang Partisipatif." Jurnal Al-Qadau: Peradilan dan Hukum Keluarga Islam 5.2 (2018): 295-306.

Kurniati dan Rahmiati. “The Epistemology Of Siyasah Studies In The Philosophy Of UIN Alauddin Makassar Scientific Trains.” al-Tasyri’iyyah 1, no. 1 (2021).

Syamsuddin, Darussalam. "Transformasi Hukum Islam Di Indonesia." Jurnal Al-Qadau: Peradilan Dan Hukum Keluarga Islam 2.1 (2015): 1-14

Buku

Abu al-A’la al-Maududi al-Khilafah wa al-mulk,

Ahmad Syafii Maarif, Islam dan Masalah Kenegaraan, Jakarta: UI Press. 1991.

Al-Maududi, Abul A’la. Khilafah dan Kerajaan; Al-Khilafah wa Al-Mulk, Alih Bahasa Muhammad al-Baqir, Cetakan II, Bandung: Mizan, 1988.

Al-Maududi,. Human Rights in Islam, terjemahan A. Mashir Budiman, Bandung: Pustaka, 1985.

Amin Rais, Pengantar Khilafah dan kerajaan.

Asshidiqie, Jimly, Islam dan Kedaulatan Rakyat, Jakarta: Gema Insani Press, 1995.

Din Syamsuddin, Islam Dan Politik Era Orde Baru, Jakarta: Logos, 2001.

Jaringan Global dan Lokal Islam Nusantara, Bandung: Mizan. 2002.

Jhon J. Donohue dan Jhon L. Esposito,. Islam Dan Pembaharuan: Ensiklopedi Masalah-masalah, dari judul aslinya Islam Intransition; Muslim Perspective, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1995.

Lihat buku Islamic Law and Constitution, Islamic Publications, LTD., Lahore, Pakistan, 1967.

Muhammad Iqbal dan Amin Husein Nasution,. Pemikiran Politik Islam; Dari Masa Klasik Hingga Indonesia Kontemporer.

Pergolakan politik Islam dari Fundamentalis Modernisme Hinnga Post Modernisme. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina, 1995.

Rais, Amien,. Kata Pengantar Khilafah dan Kerajaan; Al-Khilafah wa Al-Mulk, Alih Bahasa Muhammad al-Baqir, Bandung: Mizan, 1988.

Sjadzali, Munawir,. Islam dan Tatanegara; Ajaran, Sejarah dan Pemikiran, Jakarta: UI-PRESS.

Syaikh Muhammad Sa’id Mursi,. Tokoh-Tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2007.

Diterbitkan
2024-09-12
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 1 times