PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN TEKNIK FAMILY 100 TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Teknik Famili 100 dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran pada peserta didik kelas IX MTs Negeri Gowa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan analisis deskriptif untuk minat belajar peserta didik terhadap model pembelajaran TGT menunjukkan rata-rata skor minat belajar dikelas eksperimen dan kelas kontrol setelah penelitian sebesar 79,33 dan 73,88 atau berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji normalitas data minat belajar diperoleh nilai signifikan Sig < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data minat belajar peserta didik tidak berdistribusi normal. Hasil uji Mann Whitney-U untuk minat belajar diperoleh nilai signifikannya 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa minat belajar antara peserta didik kelas IX MTs Negeri Gowa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Koopeatif tipe TGT dengan Teknik Famili 100 lebih tinggi daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional.Downloads
References
Alwi, Marjani. 2012. Mengapa Anak Malas Belajar (Solusi Belajar Efektif dan Menyenangkan). Makassar: Alauddin University Press.
Arends, Richard I. 2005. Learning To Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Media.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Emilia, Atika. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran TGT Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Struktur Bumi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Marga Ayu 01 Kabupaten Tega. Semarang: UNNES Press.
Huda, Miftahul. 2015. Coopertive Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cet. X.
Nur Hafizah dkk. 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di MA Al-Islah Sendangagung-Paciran-Lamongan. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Rahmat, Jamil. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Note-Taking Pairs Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kab. Bantaeng. Makassar: UINAM Press.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperatif Learning: Theory, Research and Practice. Bandung: Nusa Media.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi Penelitian Social dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.