PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X MA AL-URWATUL WUTSQAA

  • Eka Sriwahyuni Sriwahyuni
  • Muhammad Qaddafi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran simulasi pada kelas X MA Al-Urwatul Wutsqaa, untuk mendeskripsikan pemahaman hasil belajar peserta didik yang tanpa diajar dengan model pembelajaran simulasi atau yang diajar dengan model pembelajran direct instruction pada kelas X MA Al-Urwatul Wutsqaa, dan untuk menguji perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran simulasi dan diajar tanpa model pembelajaran simulasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X MA Al-Urwatul Wutsqaa dengan jumlah 78 orang, dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas X.2 dan X.3 dengan jumlah 40 orang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif gain menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 33,61 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 21,25, untuk hasil analisis inferensial pada uji hipotesis dengan menggunakan uji t 2 sampel independen diperoleh thitung= 4,85 dan ttabel= 2,02. Berdasarkan ketentua, dimana thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung>ttabel), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik Kelas X.2 dan Kelas X.3.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-03-01
How to Cite
Sriwahyuni, E. S., & Qaddafi, M. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X MA AL-URWATUL WUTSQAA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(1), 1-5. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i1.3259
Section
Volume 4 Nomor 1, 2016
Abstract viewed = 619 times

Most read articles by the same author(s)