Penggunaan Model Team Games Tournament Menggunakan Tournament Who Wants To Be A Millionaire Terhadap Minat Belajar Fisika
Abstract
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen desaign yang bertujuan untuk; mengetahui seberapa besar minat belajar peserta didik yang tidak diajar menggunakan model kooperatif tipe team games tournament menggunakan tournament who wants to be a millionaire, mengetahui seberapa besar minat belajar peserta didik yang diajar menggunakan model kooperatif tipe team games tournament menggunakan tournament who wants to be a millionaire, serta mengetahui perbedaan minat belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif tipe team games tournament menggunakan tournament who wants to be a millionaire. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 24 Bone tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 85 orang. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yang berjumlah 56 peserta didik. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata minat belajar fisika peserta didik pada post test kelas kontrol sebesar 52,89 dan kelas eksperimen sebesar 66,90. Selain itu, pada uji hipotesis didapatkan nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,000. Karena nilai sig (2-tailed) , 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament menggunakan tournament who wants to be a millionaire terhadap minat belajar fisika peserta didik.
Downloads
References
Hilmi, F. (2013). Analysis of Relationship Between Learning Achievement of Tafsir Al-Qur’an and Arabic Learning Interest. Internasional Journal of Scientific & Technology Research, 2(12), 336-337.
Huda, Miftahul. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Klassen, S., dan Klassen, C. F. (2014). The Role of Interest in Leaning Science Through Stories. Interchange, 1-19.
Kokasih Nandang, Dede Sumarna. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: CV Alfabeta.
Nurhasanah Siti, A.Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. JP MANPER, 1(1), 128-135.
Priansa Donni Juni. Kinerja Dan Profesionalisme Tenaga pendidik .Cet. I Bandung: CV Alfabeta.2014.
Slavin, Robert. (2014). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumadi S. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wahyuni, dkk. (2018). Penggunaan Model Teams Games Tournament Dengan Teknik Famili 100 Terhadap Minat Belajar Fisika. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika. 6(1), 19-25.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]