Penerapan Pendekatan SSI (Socio-Scientifict Issues) dengan Menggunakan Media Power Point terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa Baru Angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pendekatan SSI (socio-scientifictissues) pada mahasiswa baru angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, mengetahui kemampuan
berpikir kritis mahasiswa baru angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dan mengetahui perbedaan
kemampuan berpikir kritis sebelum dan setelah penerapan pendekatan SSI (socio-scientifict
issues) dengan menggunakan media power point mahasiswa baru angkatan 2015 Jurusan
Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin
Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen dan instrumen
dalam penelitian dengan tes essay dan observasi langsung. Menggunakan analisis deskriptif
dan analisis inferensial. Hasil kemampuan berpikir kritis mahasiswa diperoleh H1 diterima
karena thitung>ttabel atau 11,28>2,00. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan
yang tidak signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis setelah penerapan pendekatan SSI
(Socio-Scientifict Issues) pada mahasiswa baru angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisika
Fakultas tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Downloads
References
Moustafa, K,S, and, Miller, T, R, 2003, Too
Intelligent For The Job ? The Validity of
Upper-Limit Cognitive Ability Test Scores
In Selection, Sam Advanced Management
Journal, Vol.68
Mulyatiningsih, Endang. Metode Penelitian
Terapan Bidang Pendidikan. Bandung:
Alfabeta. 2011.
Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian
Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif,
kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun Kamus.1990. Kamus Besar
Bahasa Indonesia.Jakarta: PT Balai
Pustaka
Tiro, Muhammad Arif. 2000.Dasar-Dasar
Statistika. Makassar: Universitas Negeri
Makassar,
Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif
Beriorentasi Kontruktivis. Surabaya.
Pustaka Publisher. 2007.
Trihandini, Fabiola Meirnayati. 2005. Analisis
kecerdasan intelektual, kecerdasab emosi,
dan kecerdasan spiritual terhadsapa
kinerja karyawan. Semarang: Universitas
diponegoro
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.