Penerapan Pendekatan SSI (Socio-Scientifict Issues) dengan Menggunakan Media Power Point terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa Baru Angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

  • Fitrian Andryani
    (ID)
  • Hamsiah Djafar
  • Muhammad Qaddafi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pendekatan SSI (socio-scientifict
issues) pada mahasiswa baru angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, mengetahui kemampuan
berpikir kritis mahasiswa baru angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dan mengetahui perbedaan
kemampuan berpikir kritis sebelum dan setelah penerapan pendekatan SSI (socio-scientifict
issues) dengan menggunakan media power point mahasiswa baru angkatan 2015 Jurusan
Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin
Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen dan instrumen
dalam penelitian dengan tes essay dan observasi langsung. Menggunakan analisis deskriptif
dan analisis inferensial. Hasil kemampuan berpikir kritis mahasiswa diperoleh H1 diterima
karena thitung>ttabel atau 11,28>2,00. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan
yang tidak signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis setelah penerapan pendekatan SSI
(Socio-Scientifict Issues) pada mahasiswa baru angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisika
Fakultas tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Moustafa, K,S, and, Miller, T, R, 2003, Too

Intelligent For The Job ? The Validity of

Upper-Limit Cognitive Ability Test Scores

In Selection, Sam Advanced Management

Journal, Vol.68

Mulyatiningsih, Endang. Metode Penelitian

Terapan Bidang Pendidikan. Bandung:

Alfabeta. 2011.

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian

Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif,

kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun Kamus.1990. Kamus Besar

Bahasa Indonesia.Jakarta: PT Balai

Pustaka

Tiro, Muhammad Arif. 2000.Dasar-Dasar

Statistika. Makassar: Universitas Negeri

Makassar,

Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif

Beriorentasi Kontruktivis. Surabaya.

Pustaka Publisher. 2007.

Trihandini, Fabiola Meirnayati. 2005. Analisis

kecerdasan intelektual, kecerdasab emosi,

dan kecerdasan spiritual terhadsapa

kinerja karyawan. Semarang: Universitas

diponegoro

Published
2016-09-01
How to Cite
Andryani, F., Djafar, H., & Qaddafi, M. (2016). Penerapan Pendekatan SSI (Socio-Scientifict Issues) dengan Menggunakan Media Power Point terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa Baru Angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(2), 64-66. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i2.3705
Section
Volume 4 Nomor 2, 2016
Abstract viewed = 632 times

Most read articles by the same author(s)