IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI B MA MADANI ALAUDDIN PAOPAO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kedisiplinan terhadap Metode Pembelajaran Discovery pada peserta didik, gambaran konsentrsi terhadap Metode Pembelajaran Discovery pada peserta didik, sekaligus untuk mengetahui apakah penerapan Metode Pembelajaran Discovery dapat meningkatkan kedisiplinan dan konsentrasi pada peserta didik kelas XI B MA Madani Alauddin Paopao.Jenis penelitian ini tergolong Pre Eksperimen Design dimana menggunakan angket skala likert sebagai alat ukur yang dibagikan kepada seluruh peserta didik kelas XI B MA Madani Alauddin Paopao. Lembar observasi untuk mengamati peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial.Berdasarkan hasil pengolahan data angket diperoleh nilai rata-rata kedisiplinan terhadap Metode Pembelajaran Discovery pada peserta didik adalah 79,24 dengan persentase 53,84%, nilai rata-rata konsentrasi terhadap Metode Pembelajaran Discovery pada peserta didik adalah 80,58 dengan persentase 53,84%. Melalui analisis inferensial maka diperoleh data angket kedisiplinan 1,708 < 5,704 dimana Ho ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa dengan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik MA Madani Alauddin Paopao. Sedangkan data angket konsentrasi 7,101 > 1,708 dimana Ho ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa dengan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan konsentrasi peserta didik MA Madani Alauddin Paopao.
Downloads
References
Astuti, Retno Dewi. “ Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Siswa dalam Belajar pada Siswa Kelas IX SMA Negeri Sumpiah Kabupaten Banyumas.” Skripsi Sarjana, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2005.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 1990.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010.Manejemen Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Al-Qur'an dan Terjemahnya, Departemen Agama RI, Jakarta
Anoraga, Pandji. 1998. Psikologi Kerja. Jakarta:Rineka Cipta.
Best, John W; Research in Education, Third Edition; India: Prentice Hill of India, 1977, Diterjemhkan oleh Sanapiah Faisal dan Mulyadi Guntur Waseso, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982.
Dra. B. Marjani Alwi, M. Ag. 2012. Pengelolaan Pengajaran. Alauddin university press. Makassar
Drs. Ahmad Rohani HM, M. Pd. Solusi Belajar Efektif Dan Menyenangkan. Rineka Cipta. 2004. Jakarta
Ekosiswoyo dan Rahman. 2000. Dasar_dasar Pendidikan. Bandung: Alfhabeta
Endraswara, Suwandi.2010. Etika Hidup Orang Jawa. Yogyakarta: Narasi.
Fitri Hidayatullah. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Discovery – Inquiry untuk meningkatkan keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajara Siswa SMA dalam Pembelajaran Fisika. Skripsi. UPI Bandung.
Hurlock. 1978. Psikologi Perkembangan (suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan). Jakarta:Erlangga.
Krisnamurti, 1998. The urgency of change mendesak perubahan. Jakarta: PT. GramediaPustaka Utama.
Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Blajar Mengajar, (Cet VII; Bandung : Sinar Baru Algesindo, 2004), h. 130.
Poerbakawatja, Soegarda. 1990. Ensiklopedia pendidikan. Jakarta : Gunung Agung
Purwanto, Ngalim.2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offsett.
Rochianati Wiriaatmadja. Metode Penelitian Tindakan Kelas. (Cet.VII; Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2008), h.66.
Soegardo, Poebakawatja. 1990. Ilmu Pendidikan.Jakarta: Tarsito
Sudjana.Metode Statistika Edisi 6. Bandung: Tarsito.1996.
Suryabrata, Sumadi. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali. 1986
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,2010.
Sugiyono. 2012. Statistik* Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
Tim Penyusun Kamus. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: PT Balai Pustaka,2001.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
Winata, Ngadimin. 2011. Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Bandung: PT.Bumi Aksara.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.