Penggunaan Model Team Games Tournament Menggunakan Tournament Who Wants To Be A Millionaire Terhadap Minat Belajar Fisika

  • Andi Jusriana
  • Muhammad Qaddafi
  • A. Ansal

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen desaign yang bertujuan untuk; mengetahui seberapa besar minat belajar peserta didik yang tidak diajar menggunakan model kooperatif tipe team games tournament menggunakan tournament who wants to be a millionaire, mengetahui seberapa besar minat belajar peserta didik yang diajar menggunakan model kooperatif tipe team games tournament menggunakan tournament who wants to be a millionaire, serta mengetahui perbedaan minat belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif tipe team games tournament menggunakan tournament who wants to be a millionaire. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 24 Bone tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 85 orang. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yang berjumlah 56 peserta didik. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata minat belajar fisika peserta didik pada post test kelas kontrol sebesar 52,89 dan kelas eksperimen sebesar 66,90. Selain itu, pada uji hipotesis didapatkan nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,000. Karena nilai sig (2-tailed) , 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament menggunakan tournament who wants to be a millionaire terhadap minat belajar fisika peserta didik.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hilmi, F. (2013). Analysis of Relationship Between Learning Achievement of Tafsir Al-Qur’an and Arabic Learning Interest. Internasional Journal of Scientific & Technology Research, 2(12), 336-337.

Huda, Miftahul. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Klassen, S., dan Klassen, C. F. (2014). The Role of Interest in Leaning Science Through Stories. Interchange, 1-19.

Kokasih Nandang, Dede Sumarna. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: CV Alfabeta.

Nurhasanah Siti, A.Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. JP MANPER, 1(1), 128-135.

Priansa Donni Juni. Kinerja Dan Profesionalisme Tenaga pendidik .Cet. I Bandung: CV Alfabeta.2014.

Slavin, Robert. (2014). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumadi S. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wahyuni, dkk. (2018). Penggunaan Model Teams Games Tournament Dengan Teknik Famili 100 Terhadap Minat Belajar Fisika. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika. 6(1), 19-25.

Published
2021-10-31
How to Cite
Jusriana, A., Qaddafi, M., & Ansal, A. (2021). Penggunaan Model Team Games Tournament Menggunakan Tournament Who Wants To Be A Millionaire Terhadap Minat Belajar Fisika. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 136-144. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i2.24252
Section
Artikel
Abstract viewed = 196 times

Most read articles by the same author(s)

> >>