PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN FISIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN EVIDENCE BASED LEARNING DALAM PELAKSANAAN GUIDED INQUIRY

  • Ayu Abriani
  • Nursalam Nursalam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep mata pelajaran fisika dengan menerapkan model pembelajaran evidence based learning dalam pelaksanaan guided inquiry siswa kelas X8 SMAN 1 Polombangkeng Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian adalah lembar observasi, tes tertulis, lembar angket( kuisioner respon siswa) dan dokumenasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh rata-rata nilai fisika pada siklus I sebesar 63,92 sedangkan siklus II sebesar 76,00. Hasil obseravsi aktivitas peserta didik masing-masing pada siklus I sebesar 53,25% termasuk kategori cukup dan siklus II sebesar 68,49% termasuk kategori baik. Simpulan dari penelitian ini adalah pemahaman konsep mata pelajaran fisika siswa kelas X8 mengalami peningkatan setelah diterapkan model evidence based learning dalam pelaksanaan guided inquiry dilihat dari persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 35,71% meningkat menjadi 89,29% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bloom, B. S. 1956. Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. New York: McKay.

Carol,dkk. 2007. Guide Inquiry Learning In The 21ST Century. London: Libraries Unlimited.

Collier K, Carol. Guided Inquiry: School Libraries in the 21st Century. School Libraries Worldwide 16, no.1 (Januari 2009): h.20.

Douglas P,Elliot. Use of guided inquiry as an active learning technique in engineering. Proceedings of the Research in Engineering Education Symposium (2009): h.1.

Edmonton. 2004. Focus On Inquiry. Canada: Alberta Learning.

Igak Wardani dan Kuswaya Wihardit. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Jauhar, Muhammad. 2011. Implementasi Paikem dan Behavioristik Sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Leonard and Marquardrt. The Evidence Based Learning For The effectiviness of Action Learning, Carey School of Business. George Washington University USA 7, no.2 ( Juli 2010): h.122.

Mertha Yasa, I Made Ari. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Guided Inquiry Labs Dan Individual Guided Inquiry Labs Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal IPA Undiksha (2012): h.4-5.

Pujianto. Model Pembelajaran Evidence Based Learning dalam Setting Outdoor Activities Sebagai Solusi Alternatif Bentuk Pembelajaran Sains bagi Sekolah Di daerah Rawan Bencana, Jurnal Pendidikan Fisika UNY (2010): h.3-4.

Published
2016-03-01
How to Cite
Abriani, A., & Nursalam, N. (2016). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN FISIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN EVIDENCE BASED LEARNING DALAM PELAKSANAAN GUIDED INQUIRY. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(1), 40-43. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i1.3285
Section
Volume 4 Nomor 1, 2016
Abstract viewed = 1065 times

Most read articles by the same author(s)