PENERAPAN METODE INQUIRY TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP

  • Nining Dwi Harti
    (ID)
  • Suprapta Suprapta
    (ID)
  • Muh Syihab Ikbal
    (ID)

Abstract

Adapun judul penelitian ini yaitu untuk mengetehui peningkatan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa setelah diajar menggunakan metode inquiry terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung yang diperoleh pada keterampilan proses sains sebesar -2,32 dan ttabel sebesar 2,14, sehingga thitung < ttabel.dan pada keterampilan proses sains diperoleh nilai rata-rata dari guru lebih besar daripada nilai setelah penelitian sehingga disimpulkan tidak ada peningkatan. Dan thitung yang diperoleh pada pemahaman konsep siswa sebesar -0,61 dan ttabel sebesar 2,14, sehingga thitung < ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah diajar menggunakan metode inquiri terbimbing.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nining Dwi Harti
Universitas islam negeri alauddin makassar
Suprapta Suprapta
Universitas Islam Negeri Alaudddin Makassar
Muh Syihab Ikbal
Universitas Islam Negeri Alaudddin Makassar

References

Bloom et al. 1956. Taxonomy of Education Objectives. U.S.A: Longmans

Kuhlthau, C. C., L. K. Maniotes. and A. K. Caspari. 2007. Guided Inquiry Learning in the 21st Century. Greenwood Publishing Group. London.

Semiawan, Conny dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Giramedia

Sugiyono. 2012.Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Published
2018-09-21
How to Cite
Harti, N. D., Suprapta, S., & Ikbal, M. S. (2018). PENERAPAN METODE INQUIRY TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(2), 89-92. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i2.5286
Section
Articles
Abstract viewed = 456 times

Most read articles by the same author(s)