Hukum Keluarga di Mesir

  • Kurniati Kurniati Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tulisan ini berjudul "Hukum Keluarga di Mesir". Bertujuan, per- tama, untuk mengetahui bagaimana penerapan hukum ke- luarga di mesir. Kedua, mengetahui bagaimana analisis per- bandingan antara hukum keluarga di Indonesia dan hukum keluarga di Mesir.

Metode yang digunakan ialah dengan mengkaji naskah undang- undang mengenai hukum keluarga yang kini berlaku di Mesir.  Di antara pasal-pasal yang akan dibahas ialah masalah batas umur kawin, pencatatan perkawinan, perceraian, poligami dan masalah warisan

Hasil pembahasan dalam tulisan ini, dapat dikemukakan bahwa hukum keluarga yang berlaku di Mesir yakni peraturan- peraturan yang oleh kalangan ahli hukum diharapkan agar pengadilan menerapkan dan merujuknya dalam penyelesaian sengketa-sengketa yang menyangkut keluarga di Mesir. Isi hukum keluarga yang berlaku bagi masyarakat Mesir dalam kodifikasi, baik parsial maupun total; adalah merupakan pengembangan hukum keluarga Islam tradisional.

References

Ali, Muhammad Daud, Hukum Islam dan Peradilan Agama, Cet. Ke-1, Jakarta: P.T. Raja Grafindo, 1997.

Muhammad Siraj, “Hukum Keluarga di Mesir dan Pakistan” dalam Johannes Den Heijer dan Syamsul Anwar, [ed], Islam, Negara dan Hukum, Jakarta: INIS, 1993.

Mudzhar, Atho, “Hukum Keluarga di Dunia Islam Modern”, dalam Mimbar Hukum, No. 12, Jakarta: Ditbinbapera Islam, 1994

Muhammad Tahir Azhariy, Negara Hukum : Suatu Studi tentang prinsip-Prinsipnya dilihat dari segi Hukum Islam, Implementasinya pada Priode Negara Madinah dan Masa Kini, Jakarta : Bulan Bintang, 1992.

Ensiklopedi Islam, Jilid III ,Jakarta: PT.Ikhtiar baru van Hoever, 1994. Atiyah Mustafa Musyarrafah, al-Qada fi al-Islam, T.P., 1992.

Daud Rasyid, Islam Dalam Berbagai Dimensi, Jakarta:Gema Insani Press, 1998. Johannes den Heijer, Syamsul Anwar, Islam Negara dan Hukum, Jakarta : INIS, 1993. Fathur Rahman, Ilmu Waris PT. Al.Maarif, bandung, 1975.

Idris Ramulyo, Hukum Kewarisan, Hukum Acara Peradilan Agama dan Zakat menurut Hukum Islam, Cet. I, Jakarta: Sinar grafika, 1995.

Departemen Agama, Himpunan Peraturan Perundang-undangan dalam Lingkup Peradilan Agama, Jakarta: Direktorat Pembinaan Badan Peradilan Agama Islam, Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Depag R.I, 2001.

Published
2014-06-24
How to Cite
Kurniati, K. (2014). Hukum Keluarga di Mesir. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 3(1), 24-34. https://doi.org/10.24252/ad.v3i1.1497
Abstract viewed = 4465 times