Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Joyful Learning Dan Everyone Is A Teacher Here Kelas X Teknik Sepeda Motor (TSM) Dan Kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) Pada Materi Termodinamika

  • Sulasteri Dewi
  • Rafiqah Rafiqah Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar
  • Suhardiman Suhardiman

Abstract

The purpose of this study is to: compare learning outcomes between students who  are  taught  the  Joyful  Learning  strategy  with  the  Every  One  is  A Teacher Here strategy on thermodynamics class X SMKN 1 South Sulawesi. This  type  of  research  is  classified  as  pre-experimental  using  a  comparative study  research  approach,  learning  outcomes  after  being  taught  using  the Joyful  Learning  learning  strategy  with  the  Every  One  is  A  Teacher  Here learning strategy for students in class X TSM and class X TGB. The results showed that the class taught using the Joyful  Learning  learning strategy the average  value of the  students was  in the good predicate category (B+), and the class taught using the Every One is A Teacher Here learning strategy the average  student  score  was  in  the  good  category  (B).  It  was  concluded  that there was a difference  between the classes taught using the Joyful  Learning learning strategy with higher learning outcomes than the classes taught using the Every One is A Teacher Here learning strategy.The implications of this research are: In learning physics to get high participation from each student, as an option, you can use the Every One Is a Teacher Here learning strategy, and  to  make  students  not  feel  pressured,  they  can  use  the  Joyful  Learning learningstrategy as an option.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anantyas Kusuma Dewi, Pujayanto, dan Elvin Yusliana Ekawati, “Eksperimen Model Blended Learning dan Joyful Learning Sub Tema EkosistemAir Tawar Ditinjau dari Aktivitas Siswa Kelas VII SMPN 9 Surakart”, Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) Volume 5 Nomor 1 (2015) https://core.ac.uk (diakses 28 April 2016).

Aqib, Zainal. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya, 2013

Arends, Ricards I. Learning to Teach, Sixth Edition. New York dan San Fransisco: McGraw-Hill Companies, 2004.

Danim, Sudarwan dan Khairil. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Bandung: Alfabeta, 2011.

Fathurrohman, Muhammad. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar, Cet. X. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Hamdayama, Jumanta. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Hermawan, Dwi, dkk. Pengaruh Pendekatan Joyful Learning Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Gugus 8 I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan. Denpasar: Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2014.

Intan Permatasari, Aprilia, Bakti Mulyani, Nanik Dwi Nurhayati, “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Joyful Learning dengan Metode Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Koloid Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2012/2013”, Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 3 No1 (2014) http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id (diakses 28 April 2016).

Jack R dan Norman E. Wallen. How to Design and Evaluate Research in Education. Edisi VII. New York: Mc Graw-Hill, 2009.

Jaedun, Amat. Metodologi Penelitian Eksperimen. Fakultas Teknik UNY: Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah oleh LPMP, 2011.

Juniyarti, Eka. Hubungan Partisipasi Siswa dengan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Suwawa. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo, 2015.

Kurniawan, Deni. Pembelajaran Terpadu Tematik, Bandung: Alfabeta: 2014.

Mania, Sitti. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Makassar: Alauddin University Press, 2012¬.

Misbahuddin & Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik Edisi Ke 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Ochimath, Peningkatan keaktifan belajar matematika melalui metode pembelajaran berbasis joyful learning, dalam http: //Ochimath.wordpress.com/.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Prasetyo, Bambang. Metodolgi Penelitian Pendidikan Kuantitatif. Jakarta: PT. Rajagrafind Persada, 2014.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011.

Retnawati, Heri. Validitas Reliabilitas dan Karakteristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing: 2016.

Sagala, Syaiful. Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan: Membantu Mengatasi Kesulitan Guru Memberikan Layanan Belajar yang Bermutu. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Srategi Belajar Mengajar. Edisi X. Sinar Baru Algesindo: Bandung, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Trianto. Mendesain Model Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2009.

Tukarno, “Meningkatkan Penguasaan Teknik Gradasi Warna Melalui Pendekatan Joyful Learning pada Program studiKria Kulit Kelas X”, Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang (2012) http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi (diakses 28 April 2016).

Published
2021-10-31
How to Cite
Dewi, S., Rafiqah, R., & Suhardiman, S. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Joyful Learning Dan Everyone Is A Teacher Here Kelas X Teknik Sepeda Motor (TSM) Dan Kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) Pada Materi Termodinamika. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 163-171. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i2.24248
Section
Artikel
Abstract viewed = 157 times

Most read articles by the same author(s)