Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Joyful Learning dan Everyone Is A Teacher Here Kelas X Teknik Sepeda Motor (TSM) Dan Kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) Pada Materi Termodinamika

  • Sulasteri Dewi
  • Rafiqah Rafiqah UIN Alauddin Makassar
  • Suhardiman Suhardiman
Kata Kunci: Buletin, Militigasi, Gempa Bumi, Integrase Al-Quran

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk:perbandingan hasil belajar antara peserta didik yang diajar dengan strategi Joyful Learningdengan strategi Every One is  ATeacher  Here  materi termodinamikakelas  X  SMKN  1  Sulawesi Selatan.Jenis   penelitian   ini   tergolong   pra eksperimen   menggunakan pendekatan    penelitian    study    komparasi, hasl    belajarsetelah    diajar menggunakan   strategi   pembelajaran   Joyful   Learning   dengan   strategi pembelajaran Every One is A Teacher Here pada peserta didik kelas X TSM dan  kelas  X  TGB.Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  kelas  yang  diajar menggunakan  strategi  pembelajaran  Joyful  Learning  rata-rata  nilai  siswa berada pada kategori prediket baik (B+), dan kelas yang diajar menggunakan strategi  pembelajaran  Every  One  is  A  Teacher  Here  rata-rata  nilai  siswaberada pada kategori baik (B).disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang diajar dengan strategi pembelajaran Joyful Learning dengan hasil belajar  yang  lebih  tinggi  dibanding  kelas  yang  diajar  menggunakan  strategi pembelajaran  Every  One  is  A  Teacher  Here.Implikasi  dari  penelitian  ini adalah:  Dalam  pembelajaran  fisika  untuk  mendapatkan  partisipasi  yang tinggi  dari  setiap  siswa  maka  sebagai  pilihan  dapat  menggunakan  strategi pembelajaran Every One Is a Teacher Here, dan untuk membuat siswa agar tidak   merasa   tertekan   maka   dapat   menggunakan   strategi   pembelajaran Joyful Learning sebagai pilihan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anantyas Kusuma Dewi, Pujayanto, dan Elvin Yusliana Ekawati, “Eksperimen Model Blended Learning dan Joyful Learning Sub Tema EkosistemAir Tawar Ditinjau dari Aktivitas Siswa Kelas VII SMPN 9 Surakart”, Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) Volume 5 Nomor 1 (2015) https://core.ac.uk (diakses 28 April 2016).

Aqib, Zainal. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya, 2013

Arends, Ricards I. Learning to Teach, Sixth Edition. New York dan San Fransisco: McGraw-Hill Companies, 2004.

Danim, Sudarwan dan Khairil. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Bandung: Alfabeta, 2011.

Fathurrohman, Muhammad. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar, Cet. X. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Hamdayama, Jumanta. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Hermawan, Dwi, dkk. Pengaruh Pendekatan Joyful Learning Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Gugus 8 I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan. Denpasar: Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2014.

Intan Permatasari, Aprilia, Bakti Mulyani, Nanik Dwi Nurhayati, “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Joyful Learning dengan Metode Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Koloid Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2012/2013”, Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 3 No1 (2014) http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id (diakses 28 April 2016).

Jack R dan Norman E. Wallen. How to Design and Evaluate Research in Education. Edisi VII. New York: Mc Graw-Hill, 2009.

Jaedun, Amat. Metodologi Penelitian Eksperimen. Fakultas Teknik UNY: Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah oleh LPMP, 2011.

Juniyarti, Eka. Hubungan Partisipasi Siswa dengan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Suwawa. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo, 2015.

Kurniawan, Deni. Pembelajaran Terpadu Tematik, Bandung: Alfabeta: 2014.

Mania, Sitti. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Makassar: Alauddin University Press, 2012¬.

Misbahuddin & Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik Edisi Ke 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Ochimath, Peningkatan keaktifan belajar matematika melalui metode pembelajaran berbasis joyful learning, dalam http: //Ochimath.wordpress.com/.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Prasetyo, Bambang. Metodolgi Penelitian Pendidikan Kuantitatif. Jakarta: PT. Rajagrafind Persada, 2014.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011.

Retnawati, Heri. Validitas Reliabilitas dan Karakteristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing: 2016.

Sagala, Syaiful. Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan: Membantu Mengatasi Kesulitan Guru Memberikan Layanan Belajar yang Bermutu. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Srategi Belajar Mengajar. Edisi X. Sinar Baru Algesindo: Bandung, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Trianto. Mendesain Model Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2009.

Tukarno, “Meningkatkan Penguasaan Teknik Gradasi Warna Melalui Pendekatan Joyful Learning pada Program studiKria Kulit Kelas X”, Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang (2012) http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi (diakses 28 April 2016).

Diterbitkan
2021-10-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 157 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##