Efektivitas Model Bertukar Pasangan dengan Pendekatan SETS (Sciense, Enviroment, Teknohlogy And Society) Terhadap Hasil Belajar Fisika
Abstrak
Penelitian inibertujuan untuk : 1)Untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik dalam pembelajaran global warming yang diajar dengan model bertukar pasangan dengan pendekatan SETS pada kelas VII SMP Negeri 1 Galesong Utara, 2)Untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik dalam pembelajaran global warming yang diajar dengan model konvensional dengan pendekatan SETS pada kelas VII SMP Negeri 1 Galesong Utara, 3)Untuk mengetahui apakah model pembelajaran bertukar pasangan efektif terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran global worming yang diajar dengan model bertukar pasangan dengan pendekatan SETS dengan model konvensionalpada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Galesong Utara. Metode penelitian yaitu penelitian Quasi Eksperimental Designdengan desain penelitianPosttes Only, Non-Equivalent Control Group Design. Populasi semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Galesong tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 7 kelas, sampel penelitian berjumlah 2 kelas yaitu terdiri dari kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan VIID sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran bertukar pasangan dengan pendekatan SETS efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Galesong Utara.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Suharsimi.Manajemenpenelitian.Jakarta: RinekaCipta. 2017
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. 2002.
Al-Qur’anul Karim dan Terjemahan Bahasa Indonesia. Tangerang Selatan: Al-hadi Media Kreasi. 2014.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2016.
Binadja, A.Program Studi Pendidikan IPA, Pemikiran Dalam SETS. Buka tidak diterbitkan .Semarang:Universitas Negeri Semarang. 2002
Binadja, 2001.Pembelajaransainsberwawasan SETS (science, Enviroment, Technology, and Society) untukpendidikandasar. Makalahpelatihan guru sains madrasah ibtidaiyahdantsanawiyah.
Diah Widyatun, “Model Pembelajaran Bertukar Pasangan”, 21 april 2012.http://jurnalbidandiah.blogspot.co.id/2012/04/model-pembelajaran- bertukar-pasangan
Dani, A. U., & Hilwa, N. (2020). Perbandingan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran POE dan Pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(2), 118-126.
Damyanti dan Mudjiono. BelajardanPembelajaran.Jakarta : Rineka Cipta. 2006.
Frank
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]