Efektivitas Penerapan Model Modifikasi Tingkah Laku (Behavioral Modification) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik

  • Rafiqah Rafiqah UIN Alauddin Makassar
  • Suhardiman Suhardiman
  • Fauziah Fauziah
Kata Kunci: Modifikasi Tingkah Laku, Hasil Belajar, Behavioral Modification

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikanpeningkatan hasil belajar peserta didik sebelumdan setelahdiajar   menggunakan   model   modifikasi   tingkah   lakudan   mengetahui efektifitas  model  modifikasi  tingkah  laku  terhadap  peningkatan  daya  saing peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah Time Series Design.Populasi pada penelitian  ini  adalah seluruh kelas  XMIA 1 SMAN 1 Woha,berjumlah  36orang.  Sampel  penelitian  berjumlah  36orang.  Pengambilan sampel  dilakukan  dengan  cara  Convenience  Sampling.  Hasil  penelitian deskriptif  menunjukkan  bahwa  nilai  rata-rata  hasil  belajar  fisika  peserta didik  yang  sebelum  diajar  menggunakan  model  modifikasi  tingkah  laku (Behavioral  Modification).  Pada  pertemuan  pertama  sebesar  51,67,  pada pertemuan  kedua  sebesar  52,77, pada  pertemuan  ketiga  sebesar  56,28,  dan ketiga  nilai  tersebutberada  pada  kategori  cukup.  Sedangkan  nilai  rata-rata hasil   belajar   fisika   peserta   didik   setelah   diajar   menggunakan   model modifikasi tingkah laku (Behavioral Modification). Pada pertemuan keempat sebesar  80,83,  pada  pertemuan  kelima  sebesar  85,36dan  pada  pertemuan keenam  sebesar  88,05.  Ketiga  nilai  tersebutberada  pada kategori  baik. Selanjutnya   diperoleh   data   menggunakan   uji   Wilcoxon   Matched   Pairs diperoleh  nilai  signifikan  sebesar  0,00<0,05.  Sehingga  ada  perbedaanhasil belajarpeserta  didikyang  signifikan sebelum  dan  setelah  diajar  dengan model modifikasi tingkah laku.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Choyl S. Chee, Joanne Sau-Ching Yim1, dkk, A Metacognitive Knowledge, Metacognitive Experience, and Its Effects on Learning Outcomes for Stem and Non-Stem Malaysian Students, International Journal of Advanced Research in Education and Society e-ISSN: 2682-8138 | Vol. 2, No. 1, 1-14, (2020)http://myjms.moe.gov.my/index.php/ijares, hal 2 http://103.8.145.246/index.php/ijares/article/view/8302(Diakses 20 juni 2020)

Departemen agama RI.Al –Qur’an dan terjemahannya. Bandung : CV Penerbit J. ART,2004.

Hamalik Oema. 2009. Proses Belajar Mengajar. Cek X; Jakarta Bumi Aksara

Dani, A. U., & Hilwa, N. (2020). Perbandingan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran POE dan Pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(2), 118-126.

Hamalik Oema. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Jeyce Bruce, Weil Marsha, Calhoun Emily. 2009. “Model Of Teaching Model-model Pembelajaran.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kunandar. 2014. Penilaian autentikn(Penilaian hasil beajar peserta didik berdasarkan kurikulum). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Purwanta, Edi, dkk. 2014. Pengembangan Model Modifikasi Perilaku Terintegrasi Program Pembelajaran untuk Anak dengan Masalah Perilaku. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Vol 33 No. 2. Hal 199-210

Rusyidi, Rifqi. 2016.Buku Guru AL – Qur’an Hadis Kelas XII Madrasah Aliyah K-13. Jakarta : Kementrian Agama

Saputra Afriyola, Djusmaini Djamas, dan Yulkifli. 2013. “Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah Sistematis berbantuan solution path online (SOP) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 2 Batang Kapas.” Jurnal Pendidikan Fisika Vol.1

Suprijono, Agus.2011.Cooperative Learning.Yogyakarta : Pustaka pelajar.Hal. 17.

Sudjana Nana, 2015 Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

Sudjana Nana dan Rivai Ahmad. 2003. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindu. Hal. 123

Tiangka Safril, Qaddafi Muhammad, Suhardiman. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Kancing Gamerincing Terhadap Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Fisika Vol.6. No. 1 (2018)

Diterbitkan
2021-04-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 766 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##